Muawwin, Muawwin (2023) PENGARUH PUSH, PULL, DAN PASS MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAMBI TAHUN 2020. S2 thesis, FEB UNJA.
Text
TESIS MUAWWIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK : Persaingan para kontestan dalam meraih kemenangan pada Pemilihan Gubernur Jambi tahun 2020 adalah dengan menjalankan strategi marketing politik. Pertanyannya, bagaimana strategi marketing politik itu dijalankan? Bagaimana pengaruh strategi marketing politik tersebut dalam mendapatkan dukungan suara? Penelitian ini secara spesifik membahas tentang hal ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang mana data diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 300 responden, yang merupakan masyarakat pemilik suara pada Pilgub Jambi tahun 2020 di wilayah Kota Jambi. Data kemudian diolah dan dianalisis melalui bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga pasangan calon Gubernur Jambi menggunakan strategi marketing politik untuk memenangkan kontestasi dengan cara Push Marketing, Pull Marketing dan Pass Marketing. Variabel push marketing (X1) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable push marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y). Kemudian Variabel pull marketing (X2) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable pull marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi. Variabel pass marketing (X3) memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,004, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang merupakan dasar pengambilan keputusan. Maka hal ini menunjukan bahwa variable pass marketing (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi. Secara simultan, hasil uji F memiliki nilai signifikan (Sig) sebesar 0,000, yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka hal ini dapat disimpulkan bahwa variable independent yang terdiri dari push marketing (X1), pull marketing (X2) dan pass marketing (X3) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variable dependen yaitu keputusan memilih (Y) pada Pilgub Jambi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | Muawwin |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 06:48 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 09:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46324 |
Actions (login required)
View Item |