Siallagan, Lasmaini Pengembangan E-Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Edmodo Pada Materi Gelombang Cahaya Di Kelas XI SMA. JURNAL Pengembangan E-Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Edmodo Pada Materi Gelombang Cahaya Di Kelas XI SMA.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (716kB) |
Abstract
ABSTRAK Siallagan, Lasmaini. 2018. Pengembangan E-Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Edmodo Pada Materi Gelombang Cahaya Di Kelas XI SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I)Dra. Jufrida, M.Si, (II) Haerul Pathoni, S.Pd., M.Pfis., Kata kunci: E-learning, Edmodo, 3d Pageflip, dan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran yang saat ini berkembang pesat dalam pendidikan yang dapat digunakan untuk berkolaborasi, berkomunikasi, dan menyelesaikan berbagai persoalan dalam pembelajaran. Dari hasil penyebarkan angket kepada siswa SMAN 3 Kota Jambi didapatkan sekolah tersebut penggunaan pembelajaran dengan berbasis e-learning sudah digunakan seperti ujian akhir semester online di sekolah, memiliki saran dan prasarana seperti komputer, namun ditemukan masalah bahan ajar belajar menurut siswa masih kurang dalam memahami pembelajaran fisika. menurut siswa tentang pembelajaran fisika rata-rata siswa menjawab khususnya siswa menjawab materi gelombang cahaya sulit 68%. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning berbasis pendekatan saintifik menggunakan edmodo pada materi gelombang cahaya dan mengetahui persepsi siwa terhadap media yang telah dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan tahap-tahap penelitian yakni analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Kota Jambi. Instrumen penelitian dengan menggunakan angket validasi materi dan media serta angket persepsi siswa. Teknik analisis data yakni analisis kualitatif secara deskriptif untuk mengetahui tanggapan dan masukan validator terhadap pengembangan media dan kuantitatif dengan menggunakan skala likert untuk mengethaui persepsi siswa terhadap pengembangan media. Produk yang dihasilkan adalah sebuah media pembelajaran yakni media e-learning berbasis pendekatan saintifik menggunakan edmodo pada materi gelombang cahaya yang didesain dengan menggunakan 3d pageflip. Keunggulan media ini adalah di dalamnya terdapat video, animasi dan simulasi serta contoh soal yang diperoleh dengan cara mendownload di edmodo. proses pembelajaran dapat dilakukan di luar sekolah dimanapun dan kapanpun yang terpenting mempunyai jaringan internet yang kuat. Hasil penelitian ini adalah media e-learning berbasis pendekatan saintifik menggunakan edmodo pada materi gelombang cahaya SMA. Hasil dari analisis persepsi siswa menunjukkan rata-rata skor untuk aspek media diperoleh skor 98,71 dikategorikan amat baik dan unttuk aspek materi diperoleh skor 96,6 dikategorikan baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | LASMAINI SIALLAGAN |
Date Deposited: | 02 Jul 2018 03:56 |
Last Modified: | 02 Jul 2018 03:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |