PENGARUH PRAKTIKUM DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PENGETAHUAN (KOGNITIF) SISWA PADA KEGIATAN UJI MAKANAN MATERI SISTEM PENCERNAAN

ARISTA SIMAMORA, YUNI (2023) PENGARUH PRAKTIKUM DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PENGETAHUAN (KOGNITIF) SISWA PADA KEGIATAN UJI MAKANAN MATERI SISTEM PENCERNAAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER UNJA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
HAL PESETUJUANHAL PENGESAHAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
ASBTRAK UNJA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (347kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Simamora, Yuni A. Pengaruh Praktikum dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Pengetahuan (Kognitif) Siswa pada Kegiatan Uji Makanan Materi Sistem Pencernaan : Skripsi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Ervan Johan Wicaksana, S.Pd., M.Pd., M.Pd.I., CIT (II) Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Praktikum Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Kognitif Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya sikap ilmiah siswa yang berdampak terhadap pengetahuan (kognitif) dalam hasil belajar siswa. Permasalahan tersebut disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang melatih sikap ilmiah siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap ilmiah dan pengetahuan (kognitif) siswa, yaitu model inkuiri terbimbing. Model ini memiliki kelebihan, yaitu membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan melakukan percobaan untuk menemukan suatu konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan sikap ilmiah, pengetahuan (kognitif) di kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas yang menggunakan model pembelajaran direct learning dengan mengendalikan pengetahuan awal (pre-test) siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Jenis penelitian eksperimen dengan rancangan Non-Equivalen Pre-tes Post-tes Control Group Design. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPA SMA Negeri 8 Muaro Jambi, sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data yaitu instrumen tes dan lembar observasi. Instrumen tes divalidasi menggunakan software anates dan instrumen lembar observasi divalidasi oleh dosen Universitas Jambi dan guru kelas XI IPA SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Data penelitian berupa hasil lembar observasi, pre-test, post-test dianalisis menggunakan Uji One Way Mancova dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS 23 For Windows. Uji One Way Mancova digunakan dalam analisis data karena dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas, dua variabel terikat dan memiliki covariat. Berdasarkan hasil uji One Way Mancova bahwa: 1) Terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa dengan mengendalikan pengetahuan awal yaitu signifikasi 0.0001<0.05. 2) Terdapat perbedaan pengetahuan (kognitif) siswa dengan mengendalikan pengetahuan awal yaitu signifikasi 0.0001<0.05. 3) Terdapat perbedaan sikap ilmiah dan pengetahuan (kognitif) siswa dengan mengendalikan pengetahuan awal yaitu signifikasi 0.0001<0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap sikap ilmiah dan pengetahuan (kognitif) siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Praktikum Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Simamora
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:21
Last Modified: 21 Mar 2023 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46371

Actions (login required)

View Item View Item