Pengaruh Efektivitas pembelajaran dan kondusivitas lingkungan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi

Gustia Lova, Mia Pengaruh Efektivitas pembelajaran dan kondusivitas lingkungan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Pengaruh Efektivitas pembelajaran dan kondusivitas lingkungan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (411kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran disekolah. Salah satunya faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah efektivitas pembelajaran dan kondusifitas lingkungan belajar. Siswa dituntut untuk lebih efektif dalam proses belajar mengajar, tetapi pada kenyataannya masih banyak terdapat siswa yang tidak memiliki efektivitas pembelajaran yang baik dan kurang memperhatikan kondisifitas lingkungan belajar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 8 Kota Jambi, 2) pengaruh kondusifitas lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 8 Kota Jambi, 3) pengaruh efektivitas pembelajaran dan kondusifitas lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMAN 8 Kota Jambi. Populasi berjumlah 327 dan sampelnya berjumlah 77 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 35 item untuk efektivitas pembelajaran dan 27 item untuk kondusifitas lingkungan belajar. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: 1) terdapat pengaruh efektivitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 8 Kota jambi dengan thitung 7,876> ttabel 1,665 pada signifikasi 0,000; 2) terdapat pengaruh kondusifitas lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 8 Kota jambi dengan thitung 7,226> ttabel 1,665 pada signifikasi 0,000; 3) terdapat pengaruh efektivitas pembelajaran dan kondusifitas lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAN 8 Kota jambi dengan Fhitung 49,191> Ftabel 3,12 pada signifikasi 0,000, serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,571 atau 57,1 persen. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada siswa untuk lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran dan kondusifitas lingkungan belajar agar dapat meningkatkan hasil belajarnya, untuk itu diharapkan kepada guru sebagai fasilitator hendaknya dapat menambah dan meningkatkan cara belajar secara bervariasi. Dengan begitu akan mendukung siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna bagi peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MIA GUSTIA LOVA
Date Deposited: 02 Jul 2018 03:56
Last Modified: 02 Jul 2018 03:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4638

Actions (login required)

View Item View Item