Pengaruh Model Pembelajaran Koopertif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal pada Mata Pelajaran PPKn

MULYANI, RIZQI (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Koopertif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal pada Mata Pelajaran PPKn. S1 thesis, UNIVESITAS JAMBI.

[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal Pada Mata Pelajaran PPKn)
Skripsi Rizqi Mulyani(A1A318054).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal Pada Mata Pelajaran PPKn)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal Pada Mata Pelajaran PPKn)
COVER.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal Pada Mata Pelajaran PPKn)
halaman persetujuan.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal Pada Mata Pelajaran PPKn)
halaman pengesahan.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal Pada Mata Pelajaran PPKn)
BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal Pada Mata Pelajaran PPKn)
BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Debat Aktif Terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa Kelas VIII di SMP N 5 Kuala Tungkal Pada Mata Pelajaran PPKn)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilandasi dari temuan penulis di SMP Negeri 5 Kuala Tungkal bahwa tingkat kemampuan berargumentasi siswa pada mata pelajaran PPKn masih kurang. Dimana ditemukan beberapa siswa yang Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan model ceramah dan tanya jawab. Sehingga menyebabkan banyak siswa yang kesulitan dalam mengidentifikasi soal, menganalisis informasi yang akurat, menyampaikan argument sacara logis serta kesulitan dalam menyimpulkan sebuah keputusan dalam setiap pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif tipe debat aktif terhadap kemampuan berargumentasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kuala Tungkal pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan di SMP N 5 Kuala Tungkal pada November 2022. Data penelitian diperoleh dengan memberikan soal tes kepada 42 siswa yang berasal dari kelas VIII. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran debat aktif berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berargumentasi pada mata pelajaran PPKn siswa SMP N 5 Kuala Tungkal yang dapat dilihat berdasarkan nilai thitung > ttabel yaitu (7,613 > 2,021) untuk kemampuan berargumentasi dan pada taraf 5% dan nilai sign (2-tailed) pada kemampuan berargumentasi siswa adalah (0,00 < 0,05,) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian ini, bahwa model debat aktif sangat baik diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa. Hal ini dikarenakan apabila kemampuan berargumentasi siswa meningkat maka keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran akan lebih maksimal sehingga menciptakan pembelajaran yang berkualitas tinggi dan bermutu.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Learning; DebatAktif ; kemampuan Berargumentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: MULYANI
Date Deposited: 21 Mar 2023 08:05
Last Modified: 21 Mar 2023 08:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46385

Actions (login required)

View Item View Item