Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tema 1 Menggunakan Quizizz Di Kelas 1 Sekolah Dasar

Larasati, Pooja Rekha (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tema 1 Menggunakan Quizizz Di Kelas 1 Sekolah Dasar. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
Skripsi Full Teks.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan,Halaman Pengesahan.pdf

Download (432kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan atau Bab V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Kata kunci: instrumen penilaian, HOTS, quizizz Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan instrumen penilaian pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada tema 1 menggunakan quizizz di kelas 1 Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan tingkat validitas instrument penilaian pada pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada tema 1 menggunakan quizizz di kelas 1 Sekolah Dasar, (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan dari instrumen penilaian pada pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada tema 1 menggunakan quizizz di kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian berupa pengembangan instrument penilaian pada pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Tema 1 Menggunakan Quizizz di Kelas 1 Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di SDN 182/I Hutan Lindung. Data penelitian diperoleh dari angket respon pendidik dan wawancara kepada peserta didik untuk melihat kepraktisan dan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli materi mendapatkan rata-rata nilai 50 dengan persentase 100% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Valid, penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata nilai 25 persentase 100% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Valid. Penilaian dari respon pendidik mendapatkan rata-rata nilai 55 dengan persentase sebesar 100% dan termasuk ke dalam kategori Sangat Praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrument penilaian pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada tema 1 menggunakan quizizz di kelas 1 Sekolah Dasar secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: LARASATI
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:50
Last Modified: 27 Mar 2023 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46405

Actions (login required)

View Item View Item