Penerapan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat dan Perilaku pada Penggunaan Aplikasi Ajaib di Kota Jambi

Johanda, Ragil (2023) Penerapan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) untuk Mengetahui Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat dan Perilaku pada Penggunaan Aplikasi Ajaib di Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Ajaib merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk berinvestasi produk investasi (saham, reksa dana) secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan perilaku pada penggunaan aplikasi Ajaib di Kota Jambi, dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). Kriteria responden pada penelitian ini ialah pengguna aplikasi Ajaib versi mobile yang berdomisili di Kota Jambi, yang telah melakukan transaksi investasi dan menggunakan aplikasi Ajaib minimal selama 1 bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Karena populasi dalam penlitian ini tidak diketahui maka penentuan jumlah sampel menggunakan perhitungan rumus Lemeshow, dan diperoleh jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 96 sampel. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan Structural Equation Modeling berdasarkan Partial Least Square dengan menggunakan software pengolahan data yaitu SmartPLS. Dengan melakukan uji outer model, inner model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa model UTAUT2 dapat menjelaskan variabel Behavioral Intention sebesar 70,6% terhadap pengguna aplikasi Ajaib, serta dapat menjelaskan mengenai pengaruh dari Use Behavior sebesar 67,9% terhadap pengguna aplikasi Ajaib. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Facilitating Conditions, Price Value dan Habit merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan (Behavioral Intention) aplikasi Ajaib secara signifikan. Habit dan Behavioral Intention berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan (Use Behavior) aplikasi Ajaib.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Johanda
Date Deposited: 24 Mar 2023 06:45
Last Modified: 24 Mar 2023 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46425

Actions (login required)

View Item View Item