Damayanti, Emilia and Sofnidar, Sofnidar and Ramalisa, Yelli Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa yang Memiliki Gaya Belajar Visual dalam Pemecahan Masalah Materi Segiempat Kelas VII A SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Repository UNJA. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (311kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki gaya belajar visual dalam pemecahan masalah, terlihat dari hasil rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa tergolong pada kategori sangat kurang, padahal kemampuan berpikir kritis harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan menentukan tingkat kemampuan berpikir ktiris (TKBK) siswa yang memiliki gaya belajar visual dalam pemecahan masalah materi segiempat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kombinasi (mix methods) dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 4 siswa yang memiliki gaya belajar visual terkuat di kelas VII A SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal pemecahan masalah dan pedoman wawancara kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk indikator klarifikasi mencapai persentase 100%, semua subjek dapat menyebutkan semua informasi yang ada pada masalah yang diberikan. Selanjutnya indikator asesmen juga mencapai persentase 100%, semua subjek dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan serta subjek dapat mengemukakan ide/konsep yang akan digunakan dalam pemecahan masalah. Selanjutnya indikator strategi/taktik yaitu mencapai persentase 89,5%, hampir semua subjek dapat menyelesaikan masalah tetapi beberapa subjek masih memiliki kekurangan dalam pemecahan masalah, masih terdapat subjek yang sering lupa menuliskan satuan pada setiap langkah-langkah pemecahan masalah. Untuk indikator penyimpulan yaitu mencapai persentase 87,5%. Dari keempat indikator berpikir kritis, siswa visual rata-rata mampu memenuhi semua indikator dari berpikir kritis. Secara umum, siswa yang memiliki gaya belajar visual dikategorikan dalam tingkat kemampuan berpikir kritis 2 (cukup kritis), dimana siswa memenuhi indikator klarifikasi, asesmen, dan strategi/taktik. Kata kunci: berpikir kritis, siswa visual, pemecahan masalah, segiempat
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | EMILIA DAMAYANTI |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 03:17 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |