Arizki, Teguh (2023) Pengembangan Multimedia Website Pembelajaran pada Materi Laju Reaksi Berorientasi Chemo-Entrepreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover.pdf Download (31kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (263kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (141kB) |
|
Text
SKRIPSI - Teguh Arizki.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Media pembelajaran interaktif dapat menarik minat belajar siswa terlebih media yang dikembangkan simple dan praktis karena berbasis website. Laju reaksi merupakan salah satu materi kimia yang sangat kompleks dan bersifat abstrak dengan cakupan materi yang diajarkan berkaitan dengan bahan atau senyawa kimia dengan tujuan untuk mendapatkan produk dari kelajuan tertentu. Pendekatan chemo-entrepreneurship dalam pembelajaran dirancang dan dilaksanakan berdasarkan konsep kimia yang berkaitan dengan pengolahan bahan lingkungan dari sekitar sehingga dapat menumbuhkan semangat berwirausaha berbasis kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan menurut ahli materi dan media, penilaian guru bidang studi kimia dan respon siswa terhadap multimedia website pembelajaran interaktif materi laju reaksi berorientasi chemo-entrepreneurship untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Lee & Owens. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif berdasarkan komentar dan saran, selanjutnya analisis data kuantitatif berdasarkan rata-rata skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini bahwa multimedia website pembelajaran interaktif materi laju reaksi berorientasi chemo-entrepreneurship untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 90,6% (sangat baik), ahli media sebesar 93,2% (sangat baik), penilaian guru sebesar 89,2% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 90,67% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil 89,06% (sangat baik). Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia website pembelajaran interaktif materi laju reaksi berorientasi chemo-entrepreneurship untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | website, multimedia pembelajaran, laju reaksi, chemo-entrepreneurship, berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Arizki |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 07:07 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46573 |
Actions (login required)
View Item |