PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VII SMPN 5 MUARO JAMBI

Virgonita, Hellen PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VII SMPN 5 MUARO JAMBI. PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VII SMPN 5 MUARO JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH HELLEN.pdf

Download (103kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam pendidikan. Hasil belajar adalah faktor penting dalam pendidikan, semakin tinggi hasil belajar yang didapat oleh siswa maka semakin bagus pula kualitas pendidikan demikian pula sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket, data diperoleh dengan menyebar angket kepada siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi. Data dianalisis secara manual menggunakan microsoft exel. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi dengan nilai thitung 3,22 > ttabel 1,67 pada signifikansi 0,000; ada pengaruh signifikan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi dengan nilai thitung 3,64 > ttabel 1,67 pada signifiansi 0,000; ada pengaruh signifikan motivasi belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi dengan nilai Fhitung 13,5 > Ftabel 3,16 pada signifikansi 0,000; serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,567 atau 56,7 persen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi dan masukan bagi siswa kelas VII SMPN 5 Muaro Jambi bisa lebih meningkatkan hasil belajar, dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna bagi peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: HELLEN VIRGONITA
Date Deposited: 03 Jul 2018 09:32
Last Modified: 03 Jul 2018 09:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4658

Actions (login required)

View Item View Item