PENGARUH MOTIVASI DAN HARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS JAMBI

Indarsih Kurniawati, Nur PENGARUH MOTIVASI DAN HARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS JAMBI. PENGARUH MOTIVASI DAN HARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS JAMBI. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (334kB)

Abstract

Dalam pemenuhan kebutuhan, setiap individu di pengaruhi oleh berbagai faktor. Setiap orang tentunya melakukan kegiatan konsumsi, salah satunya adalah mahasiswa. Konsumsi yang dilakukan manusia di pengaruhi oleh banyak hal, misalnya harga dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi dan harga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan tahun 2015, (2) pengaruh harga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan tahun 2015, dan (3) pengaruh motivasi dan harga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 72 orang mahasiswa yaitu kelas regular mandiri sebanyak 37 orang mahasiswa kelas regular dan kelas regular mandiri 35 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket kemudian diolah secara statistik dengan bantuan program SPSS for windows 23. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh motivasi terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi angkatan 2015. Hal ini berdasarkan nilai t hitung sebesar 6,965 > t tabel sebesar 1,666. Terdapat pengaruh harga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi angkatan 2015. Hal ini berdasarkan nilai t hitung sebesar 5,884 > t tabel sebesar 1,666. Terdapat pengaruh motivasi dan harga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi angkatan 2015. Pernyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian dimana Fhitung 30,995 > F tabel 3,13 dan nilai R 2 sebesar 47,3%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada bahwa motivasi lebih dominan dalam mempengaruhi harga. Oleh sebab itu, mahasiswa perlu mengurangi keinginan konsumsi yang tidak bermanfaat sehingga tidak menjadikannya konsumtif tapi harus lebih produkrif.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NUR INDARSIH KURNIAWATI
Date Deposited: 03 Jul 2018 09:32
Last Modified: 03 Jul 2018 09:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4660

Actions (login required)

View Item View Item