NILAWATI, NILAWATI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENERAPAN METODE BERMAINKARET GELANG SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 5 MUARO JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENERAPAN METODE BERMAINKARET GELANG SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 5 MUARO JAMBI.
Text
K1A1317015-ARTIKEL.pdf Download (131kB) |
Abstract
ABSTRAK Nilawati 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Penerapan Metode Bermain Karet Gelang Pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 5 Muaro Jambi”. Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Atri Widowati, M.Or. (II) Rasyono,S.pd. M. Pd. Kata kunci: Hasil belajar lompat jauh, metode bermain karet gelang. Permainan tradisional saat ini hampir terpinggirkan dan tergantikan dengan permainan modern,dengan alat serba modern pula. Hal ini terutama karena pesatnya perkembangan teknologi yang mendukung dan memproduksi berbagai jenis permainan anak. Dalam melestarikan budaya sebagai karakter bangsa,juga bermanfaat baik bagi perkembangan pskologi maupun dalam meningkatan kreativitas serta meningkatkan kelincahan dan ketahanan fisikd dalam meningkatankan kemampuan lompat jauh siswa itu sendiri seperti permainan karet gelang. Bagaimana meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui metode bermain pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui metode bermain karet gelang pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.tahapan dalam penelitian ini mengikuti tahap-tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Muaro Jambi berjumlah 20 orang yang terdiri dari 8 putri dan 12 putra. Instrument yang digunakan untuk mengukur keberhasilan penerapan metode bermain adalah dengan tes kognitif,afektif, psikomotor. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan tehnik statistic deskriptif, dimana untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I hanya berkisar pada angka 70% atau belum memenuhi standar ketuntasan hasil belajar yang telah di tetapkan oleh pihak sekolah yakni 75%. Sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai 90% telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah yakni 75%. Setelah pelaksaan tindakan, Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sehingga dihentikan sampai pada siklus II. Planning-planing dapat disimpulakan bahwa hasil belajar lompat jauh dapat ditingkatkan melalui metode bermain karet gelang pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Muaro Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | NILAWATI |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 09:32 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 09:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4664 |
Actions (login required)
View Item |