STUDI PEMASARAN IKAN BAWAL PUTIH (pampus argenteus)PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) NELAYAN Di KELURAHAN KAMPUNG NELAYAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

Zulfikar, Galih (2023) STUDI PEMASARAN IKAN BAWAL PUTIH (pampus argenteus)PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) NELAYAN Di KELURAHAN KAMPUNG NELAYAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, Pemanfaatan sumberdaya perikanan.

[img] Text
cover galih zulfikar.pdf

Download (88kB)
[img] Text
SKRIPSI yang diperbanyak GALIH ZULFIKAR (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN GALIH ZULFIKAR.pdf

Download (248kB)
[img] Text
abstract galih .pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I GALIH ZULFIKAR.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V GALIH ZuLFIKAR.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA galih zulfikar.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi pemasaran ikan bawal putih pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Kampung Nelayan Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada, dimana kawasan tersebut merupakan kawasan perairan yang memiliki nilai potensi sumberdaya perikanan tangkap yang cukup menjanjikan, sehungga terbentuk peluang dalam mengembangkan usaha perikanan tangkap dan usaha pemasaran hasil perikanan tangkap di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dan teknik penentuan responden purposive sampling. Metode pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka dengan analisis data berupa analisis deskriptif pada saluran pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran menggunakan rumus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, terdapat 2 saluran pemasaran ikan bawal putih yang dilakukan KUB Nelayan yang terbagi atas 2 pola yaitu, (1) Nelayan – KUB Nelayan – Pemasaran Ekspor, (2) Nelayan – KUB Nelayan – Pemasaran Lokal. Margin pemasaran disetiap saluran pemasaran berbeda, dimana pada saluran pemasaran I total marginnya senilai Rp. 33.463/kg (20,4%) saluran pemasaran II total marginnya senilai Rp. 16.633/kg (36,9%). Sedangkan pada persentase efisiensi pemasaran nilai efisiensi pemasaran I 3,52% dan nilai saluran II 3,24% Kata kunci :Ikan Bawal Putih, Pemasaran Hasil Tangkapan, KUB Nelayan, Margin, Kata kunci :Ikan Bawal Putih, Pemasaran Hasil Tangkapan, KUB Nelayan, Margin, dan Efisiensi Pemasaran

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Peternakan > Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
Depositing User: Zulfikar
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:34
Last Modified: 31 Mar 2023 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46641

Actions (login required)

View Item View Item