Khairul, Rose (2023) Hubungan Kecanduan Gadget atau Gadget Addiction dengan Tingkat Kecerdasan Emosional Pada Siswa dan Siswi Kelas VII dan VIII SMP Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER.pdf Download (498kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN .pdf Download (435kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (347kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text
Skripsi Rose Khairul_G1A119129.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kecanduan gadget dapat menimbulkan berbagai dampak negative, diantaranya adalah timbulnya permasalahan sosial dan adanya gangguan emosi pada para pengguna, terkhususnya pada remaja, dimana diketahui bahwa kemampuan dalam mengendalikan emosi berkaitan erat dengan tingkat kecerdasan emosional pada seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kecanduan gadget atau gadget addiction dengan tingkat kecerdasan emosional pada siswa dan siswi kelas VII dan VIII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Metode: Metode yang digunakan adalah rancangan analitik dengan design cross- sectional dengan menggunakan lembar kuesioner. Untuk mengukur tingkat kecanduan gadget digunakan kuesioner “Smartphone Addiction Scale-Short Version (Versi Bahasa Indonesia)”. Untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional digunakan kuesioner “Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Adolescent Short Form (TEIQ- ASF) (Versi Bahasa Indonesia)”. Hasil: Hasil Uji Pearson pada penelitian ini didapatkan p value sebesar <0.05 dan coefficient correlation sebesar 0.406, yang berarti terdapat hubungan positif signifikan dengan kekuatan hubungan antar variable pada tingkat sedang antara kecanduan gadget atau gadget addiction dengan tingkat kecerdasan emosional pada siswa dan siswi kelas VII dan VIII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Kesimpulan: Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecanduan gadget dengan tingkat kecerdasan emosional. Kata Kunci: Remaja, Kecanduan Gadget, Kecerdasan Emosional Background: Gadget addiction can cause various negative impacts, including the emergence of social problems and emotional disturbances in users, especially adolescent, where it is known that the ability to control emotions is closely related to the level of emotional intelligence in a person. This study aimed to determine and analyze the relationship between gadget addiction and the level of emotional intelligence in students in grades VII and VIII of SMP Negeri 7 Jambi City. Method: The method used is an analytical survey design with cross sectionals study approach using a questionnaire sheet. The “Smartphone Addiction Scale-Short Version (Indonesian Version)” questionnaire is used to measure the level of gadget addiction. To measure the level of emotional intelligence used, the questionnaire "Trait Emotional Intelligence Questionnaire-Adolescent Short Form (TEIQ-ASF) (Indonesian Version)." The sampling technique in this study is Stratified Random Sampling with 96 respondents. Results: Pearson test results in this study obtained a p-value of <0.05 and a correlation coefficient of 0.406, which means that there is a significant positive relationship between gadget addiction and the level of emotional intelligence in students class VII and VIII SMP Negeri 7 Jambi City and the strength of the relationship between variables at a moderate level. Conclusion: There is a significant positive relationship between gadget addiction and the level of emotional intelligence. Keywords: Adolescent, Gadget Addiction, Emotional Intelligence
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Kecanduan Gadget, Kecerdasan Emosional Adolescent, Gadget Addiction, Emotional Intelligence |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | KHAIRUL |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:25 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46656 |
Actions (login required)
View Item |