Indriyani, Dian Arum (2023) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text (Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar)
Cover.pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (287kB) |
|
Text (Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar)
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan..pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text (Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar)
BAB I..pdf - Published Version Download (303kB) |
|
Text (Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar)
BAB V..pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (415kB) |
Abstract
ABSTRAK Indriyani, Dian Arum. 2023. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Media Audio Visual Pada Muatan IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd, (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, media audio visual, ilmu pengetahuan sosial Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran berbasis media audio visual muatan IPS di Kelas IV SDN 25/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancara dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada langkah perencanaan implementasi media pembelajaran berbasis media audio visual pada muatan IPS di sekolah dasar yaitu pendidik menyiapkan silabus, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan materi dan media dengan baik. Dalam penyusunan RPP, pendidik menyesuaikan kompetensi dasar yang ada pada silabus sebagai acuan dan menyesuaikan kelengkapan yang ada di SDN 25/IV Kota Jambi. Pada langkah pelaksanaan implementasi media pembelajaran berbasis media audio visual pada muatan IPS di sekolah dasar yaitu pada kegiatan pembuka, pendidik membuka pembelajaran dengan salam, do’a, menyanyikan lagu nasional, dan kegiatan pembelajaran, pada kegiatan inti, pendidik menanyakan arti dari pahlawan selanjutnya pendidik memperlihatkan contoh pahlawan teladan dan pejuang dari beberapa wilayah dengan menggunakan media audio visual. Setelah peserta didik memperhatikan video, pendidik mempersilahkan peserta didik untuk berdiskusi dan mempersiapkan sajian masing-masing kelompok. Dalam kegiatan memperhatikan video pembelajaran mengenai pahlawan, peserta didik sangat antusias dalam menyajikan tugasnya, pada kegiatan penutup pendidik memberikan penguatan materi, pendidik dan peserta didik melakukan refleksi, evaluasi, dan menutup pembelajaran dengan do’a. Pada langkah evaluasi, pendidik sudah melaksanakan kegiatan apresiasi kepada peserta didik yang menyajikan tugas. Pendidik juga memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat evaluasi kepada yang lain dan menutup pembelajaran dengan membaca do’a dan salam. Dari evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwasannya perencanaan dan pelaksanaan implementasi media pembelajaran berbasis media audio visual pada muatan IPS di SDN 25/IV Kota Jambi sudah dilaksanakan dengan baik. Saran untuk penelitian ini adalah (1) sebaiknya pendidik mencantumkan media dalam RPP, (2) dalam pelaksanaannya pendidik mempersiapkan media terlalu lama, (3) langkah evaluasi sudah sesuai dengan tahapan dan dapat dipertahankan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, media audio visual, ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Indriyani |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 06:38 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46661 |
Actions (login required)
View Item |