AYURANIS, FEBRINA PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL_FEBRINA AYURANIS_RRA1A113008.pdf Download (545kB) |
Abstract
ABSTRAK Febrina Ayuranis. 2018. “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Dra. Hj. Farida Kohar, M.P, Pembimbing II Siti Syuhada, S.Pd, ME Kata Kunci: Metode Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar IPS Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis di SMP Negeri 10 Kota Jambi, mata pelajaran ini kurang diminati, siswa banyak yang marasa bosan dengan mata pelajaran IPS karena saat pembelajaran berlangsung guru dalam mengajar IPS cenderung menggunakan metode ceramah dalam mengajar sehingga kurang terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi. Siswa hanya sebagai pendengar dan aktif membuat catatan. Siswa akan lebih mudah menghafal materi tanpa memahami makna yang terkandung dalam materi, sehingga materi yang diterima siswa tidak akan bertahan lama dalam ingatan siswa, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Kelas IX SMP Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian True Experimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel berdasarkan pertimbangan peneliti dan guru kelas IX SMP Negeri 10 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, untuk uji normalitas Pada taraf signifikan α = 0,05, dapat dilihat bahwa Lhitung < Ltabel untuk kedua kelas sampel. Yaitu 0,1243 < 0,1437 untuk kelas eksperimen dan 0,122 < 0,1437 untuk kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berdistribusi normal. Dari uji Homogenitas bahwa Fhitung < Ftabel, yaitu 1,35 < 3,32 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas control memiliki variansi yang homogen. Uji hipotesis dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 4,8444> 1,6657. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Kota Jambi
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FEBRINA AYURANIS |
Date Deposited: | 04 Jul 2018 03:05 |
Last Modified: | 04 Jul 2018 03:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4673 |
Actions (login required)
View Item |