Maira, Willi (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MUATAN IPA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MUATAN IPA)
Skripsi_Willi Maira_A1D119156_.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MUATAN IPA)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (11kB) |
|
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MUATAN IPA)
Cover.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MUATAN IPA)
HALAMAN PERSETUJUAN dan Pengasahan.pdf - Published Version Download (200kB) |
|
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MUATAN IPA)
BAB I.pdf - Published Version Download (326kB) |
|
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MUATAN IPA)
BAB V.pdf - Published Version Download (158kB) |
|
Text (MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS V SD NEGERI 55/I SRIDADI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MUATAN IPA)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version Download (110kB) |
Abstract
Maira, Willi. 2023. Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas V SD Negeri 55/I Sridadi Menggunakan Model Kooperatif Tipe Gallery Walk Pada Muatan IPA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd, (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: keterampilan kolaborasi, model kooperatif tipe gallery walk Penelitian ini berlatar belakang dari kenyataan bahwa kemampuan keterampilan kolaborasi peserta didik pada muatan IPA di kelas VA SDN 55/I Sridadi masih rendah dan perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi pra siklus peneliti menemukan masalah dalam proses pembelajaran kelompok yaitu terlihat peserta didik masih pasif dalam aktivitas belajar kelompok karena hanya didominasi oleh peserta didik yang pintar dalam mengerjakan tugas sehingga anggota lain hanya menunggu apa yang dikerjakan temannya dan masih bergantung pada satu orang itu saja, kurangnya bimbingan dan arahan dalam pembelajaran kelompok sehingga peserta didik sibuk bermain maupun ngobrol dengan teman lainnya dibandingkan diskusi maupun kompromi dalam menyelesaikan tugas. Masih ada peserta didik kurang menyesuaikan dirinya dengan anggota kelompok terlihat cenderung diam dan kurangnya interaksi antar anggota kelompok, dalam presentasi hasil pembelajaran kelompok tidak ada tanggapan dari kelompok lain baik pertanyaan, saran, maupun kritik sehingga peserta didik tidak terlatih dalam mengoreksi, memberikan kritik maupun saran serta menerima pandangan yang berbeda dengan teman lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan pada siklus satu terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi menggunakan instrumen aktivitas kolaborasi peserta didik, instrumen aktivitas guru dalam melaksanakan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe gallery walk dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe gallery walk dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada muatan IPA sebanyak 57,14%, dari persentase pra siklus yaitu 28,57% atau 8 orang, kemudian akhir siklus I yang memperoleh persentase keberhasilan keterampilan kolaborasi yaitu 53,57% atau 15 orang hingga hasil pada siklus II meningkat menjadi 85,71% atau 24 orang dari jumlah peserta didik 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model kooperatif tipe gallery walk dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi yang dilihat dari peningkatan yang sudah mencapai 75% dari jumlah peserta didik atau 21 orang indikator keberhasilan peneliti.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan kolaborasi, model kooperatif tipe gallery walk |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MAIRA |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:19 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46758 |
Actions (login required)
View Item |