PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 111/1 KECAMATAN MUARA BULIAN

Handoko, Ardhian Edi (2018) PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 111/1 KECAMATAN MUARA BULIAN. PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 111/1 KECAMATAN MUARA BULIAN.

[img] Text
Artikel Ardhian Edi Handoko - Copy.docx

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Edi Handoko, Ardhian. 2018. Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekolah Pada Proses Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 111/I Kecamatan Muara Bulian: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si (II) Issaura Sherly Pamela. S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Lingkungan Sekolah, Proses Pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekolah dalam proses pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 111/I Kecamatan Muara Bulian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 111/I Kecamatan Muara Bulian pada tanggal 15 Maret 2018 sampai dengan 15 April 2018. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA selain dilaksanakan di dalam kelas juga dilaksanakan diluar kelas, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar sekolah. Selain itu, jika proses belajar mengajar tidak memungkinkan terjadi diluar kelas, seperti kendala cuaca dan kendala yang lainnya maka pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas. guru tidak hanya melakukan pembelajaran dengan konvensional namun guru juga menggunakan media pembelajaran baik visual maupun nonvisual. Sehingga peserta didik merasa proses pembelajaran IPA menyenangkan, mudah dimengerti dan lebih bermakna. Dari Hasil Penelitian disarankan agar untuk pihak guru jika kondisi tidak memungkinkan untuk belajar di luar kelas, guru dapat membawa sampel suatu materi ke dalam kelas, contohnya: tanah, tumbuhan dan lain sebagainya. Untuk keterbasan waktu dalam pembelajaran IPA di luar, guru dianjurkan untuk membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok sehingga peserta didik bertanggung jawab di setiap tugas yang diberikan oleh guru.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARDHIAN EDI HANDOKO
Date Deposited: 04 Jul 2018 03:05
Last Modified: 04 Jul 2018 03:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4677

Actions (login required)

View Item View Item