HARIYANTO, HARIYANTO Hubungan motivasi mengikuti pembelajaran Penjaskes dengan nilai akhir Penjaskes SD Negeri 121/X Mendahara Timur. JURNAL Hubungan motivasi mengikuti pembelajaran Penjaskes dengan nilai akhir Penjaskes SD Negeri 121/X Mendahara Timur.
Text
K1A1317008-ARTIKEL.pdf Download (948kB) |
Abstract
ABSTRAK Hariyanto, 2018 : “Hubungan motivasi mengikuti pembelajaran Penjaskes dengan nilai akhir Penjaskes SD Negeri 121/X Mendahara Timur” Pembimbing : 1. Dr. Ilham, M.Kes, 2. Alek Oktadinata, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Motivasi siswa, Pembelajaran Penjaskes, Siswa SD. Sebagian besar siswa masih menganggap pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hanya sebagai mata pelajaran biasa yang tidak terlalu penting. Siswa sangat membutuhkan motivasi untuk dapat mengikuti pembelajaran pendidikan jasamani olahraga dan kesehatan dengan kondusif sehingga tujuan pendidikan jasmani dapat tercapai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi siswa kelas V SD Negeri 121/X Mendahara Ilir terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Guttman atau skala dikotomi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 121/X Mendahara Ilir yang berjumlah 52 anak. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian motivasi siswa kelas V SD Negeri 121/X Mendahara Ilir dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan secara keseluruhan diperoleh hasil pada kategori sangat tinggi 8 % (4 siswa), pada kategori tinggi diperoleh hasil 30 % (15 siswa), pada kategori sedang 24 % (12 siswa) pada kategori rendah 30 % (15 siswa) dan pada kategori sangat rendah 8% (4 siswa). Jadi dapat disimpulkan motivasi siswa kelas V SD Negeri 121/X Mendahara Ilir Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan adalah sedang.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HARIYANTO |
Date Deposited: | 04 Jul 2018 04:57 |
Last Modified: | 04 Jul 2018 04:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4680 |
Actions (login required)
View Item |