Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu Aplikasi Qr-Code untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PPKn kelas XI IPS 2 SMAN 2 Muaro Jambi

Rina, Rina (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu Aplikasi Qr-Code untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PPKn kelas XI IPS 2 SMAN 2 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

This is the latest version of this item.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (158kB)

Abstract

Rina. 2023. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu aplikasi Qr-Code untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran PPKn kelas XI IPS 2 SMAN 2 Muaro Jambi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial., Fkip Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si. Pembimbing (2) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd. Kata kunci : Problem Based Learning, Qr-Code, Berpikir Kritis Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti dikelas XI IPS 2 SMAN 2 Muaro Jambi menunjukkan kurangnya aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu aplikasi Qr-Code mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran PPKn kelas XI IPS 2 SMAN 2 Muaro Jambi. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif sederhana. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 sebanyak 25 orang. Objek penelitian adalah variabel yang diselidiki yaitu kemampuan berpikir kritis. Instrumen penelitian menggunakan pembelajaran Problem Based Learning yang dikolaborasikan dengan Aplikasi Qr-Code. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Tes. Teknik analisis data dilakukan secara Kualitatif dan Kuantatif menggunakan rumus presentase sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata Tes awal siswa sebesar 32%, Presentase Siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 59%, Siklus II meningkat sebesar 69%, Siklus III meningkat lagi sebesar 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran problem based learning yang dikolaborasikan dengan aplikasi qr-code mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: RINA
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:45
Last Modified: 10 Apr 2023 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46831

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item