ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMAN 7 SAROLANGUN

HIKMATURROMADHAN, HIKMATURROMADHAN ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMAN 7 SAROLANGUN. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA.

[img] Text
ARTIKEL HIK - Copy.pdf

Download (363kB)

Abstract

ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMAN 7 SAROLANGUN Oleh: Hikmaturromadhan1,Fuldiaratman2, Fatria Dewi 2 1Alumni Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi 2Staff Pengajar Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Email: hikmaturromadhan@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem koloid kelas XI IPA SMAN 7 Sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Korelasional. Desain yang digunakan adalah Mix Method. Mix Method yang digunakan dalam penelitian adalah jenis Concurrent Embedded. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dengan cara undian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan model GI baik oleh guru maupun siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model GI terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan uji bivariate pearson dan uji signifikansi dengan uji t. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Keterlaksanaan model GI oleh guru memiliki Rata-rata sebesar 82,29% dengan kategori baik, rata-rata model oleh siswa sebesar 72,21% dengan kategori baik, Hasil uji korelasi antara keterlaksanaan model GI oleh siswa dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh r=0,595. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data normal dan homogen. Hasil uji signifikan diperoleh thitung >ttabel (3,551> 1,714) dengan dk=35 dan a =0,05. Dari uji Hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model GI berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model GI dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem koloid di kelas XI IPA 7 Sarolangun. Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Sistem Koloid.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HIKMATURROMADHAN
Date Deposited: 04 Jul 2018 09:08
Last Modified: 04 Jul 2018 09:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item View Item