Nasiruddin FA, M and Rohati, Rohati and Winarni, Sri Pengembangan Media Komik Matematika (KOMAT) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Mengunakan Software Adobe Photoshop Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP/MTs. REPOSITORY UNJA. (Submitted)
|
Text
Artikel.pdf Download (455kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan bagaimana pengembangan media komik matematika berbasis Problem based learning menggunakan Adobe Photoshop dan mengananlisis penggunaan media komik matematika berbasis Problem based learning menggunakan Adobe Photoshop sudah memenuhi kualitas baik pada kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini dilakukan di MTsN 8 Muara Jambi Pada Maret-April 2018. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebar angket kepada guru dan siswa, observasi aktifitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Setelah angket, lembar aktifitas siswa dan hasil tes dikembaikan, data dianalisis secara kualitatif dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk media pembelajaran yang telah dikembangkan mengalami beberapa revisi diantaranya oleh ahli media dan ahli materi, kemudian dilakukan dilakukan uji coba perorangan (guru) dan uji coba kelompok kecil, responden menyatakan bahwa media komik matematika yang dikembangkan sudah baik, media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kualitas baik, karena memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 4,16 dan rata-rata dalam persen 83,4% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu berdasarkan penilaian guru dengan rata-rata skor 4,3 dan skor rata-rata dalam persen 86% dengan kategori sangat baik dan hasil penilaian siswa dengan skor rata-rata 4,56 dan skor rata-rata dalam persen 91% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan, yaitu berdasarkan persentase ketuntasan siswa sesuai KKM adalah 82,35% siswa yang telah tuntas, berdasarkan respon siswa dari angket penilaian siswa dengan skor rata-rata 4,44 dan skor rata-rata dalam persen 88.76% dengan kategori sangat baik dan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa didapatkan kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 92,78%. Menurut Nieveen (1999:126-127) kuailitas media pembelajaran yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid (validity), praktis (practicality) dan efektif (effectiveness). Maka produk media pembelajaran komik matematika mempunyai kualitas baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar selanjutnya dapat mengembangkan media komik matematika dengan materi yang lain sehingga menarik siswa untuk lebih menyukai matematika.
| Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | M NASIRUDDIN FA |
| Date Deposited: | 05 Jul 2018 00:51 |
| Last Modified: | 05 Jul 2018 00:51 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
