MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC DI KELAS V SDN 182/I HUTAN LINDUNG

KARLINA, EKA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC DI KELAS V SDN 182/I HUTAN LINDUNG. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
SKRIPSI_EKA KARLINA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Cover Repos.pdf

Download (48kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (112kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (48kB)

Abstract

Karlina, Eka. 2023. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Sains, Technology, Engineering, and Mathematic di Kelas V SDN 182/I Hutan Lindung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Univeritas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si. (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pendekatan Pembelajaran STEM Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis menggunakan pendekatan sains, technology, engineering, and mathematic di kelas V pada pembelajaran IPA tema 6 panas dan perpindahannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Teknik pengumpulan data ini melalui observasi dan dokumentasi yang bersumber dari guru dan peserta didik kelas V SDN 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Sains, Technology, Engineering, and Mathematic pada pembelajaran IPA dikelas V mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil analisis data di setiap siklus pertemuan. Siklus 1 pertemuan pertama sebanyak 34,79%, pertemuan kedua 44,16% dengan peningkatan sebanyak 9,37%. Pada siklus II pertemuan pertama 51,04% dan pertemuan kedua sebanyak 71,0% dengan mengalami peningkatan sabanyak 20%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran sains, technology, engineering, and mathematic pada pembelajaran IPA dikelas V mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan peningkatan setiap indikator. Hal tersebut dibuktikan pada persentase yang meningkat pada setiap pertemuannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KARLINA
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:59
Last Modified: 10 Apr 2023 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46887

Actions (login required)

View Item View Item