MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI TEKNOLOGI PADA MUATAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Novia, Rosa and Arsil, Arsil and khoirunnisa, khoirunnisa (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI TEKNOLOGI PADA MUATAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (591kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Novia, R. 2023. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi Teknologi Pada Muatan IPA Di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd. Pembimbing (II) Khoirunnisa, M.Pd. Kata kunci: berpikir kritis, discovery learning, IPA Penelitian ini bertujuan untuk untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Discovery Learning terintegrasi teknologi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan IPA di kelas V Sekolah Dasar. (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terintegrasi teknologi pada muatan IPA di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 64/I Muara Bulian pada 13 Januari sampai 13 Februari 2023 dengan jumlah peserta didik 21 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang digunakan berupa deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan IPA dan deskripsi keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning terintegrasi teknologi. Sedangkan data kuantitatif yang digunakan berupa angka-angka yang digunakan dalam menghitung kemampuan berpikir kritis peserta didik dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terintegrasi teknologi mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan tersebut terlihat pada setiap pertemuan siklus. Berdasarkan hasil pretest ketuntasan klasikal sebesar 28,57%. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan klasikal sebesar 42,85%, terjadi peningkatan sebesar 14,29% pada pertemuan II sehingga menjadi 57,14%. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan klasikal sebesar 71,42% dan terjadi peningkatan sebesar 19,05% pada pertemuan II sehingga menjadi 90,47%. Dari penelitian ini diharapkan guru mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada muatan IPA. Guru disarankan agar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, agar pserta didik terbiasa untuk berpikir kritis dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NOVIA
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:27
Last Modified: 10 Apr 2023 04:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46922

Actions (login required)

View Item View Item