FOLIA, ENI DESAIN HANDOUT BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK KELAS X SMA. DESAIN HANDOUT BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK KELAS X SMA.
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (24kB) |
Abstract
ABSTRAK Folia, Eni. 2018. Desain Handout Berbasis Discovery Learning Pada Materi Hukum Newton Tetang Gerak Kelas X SMA: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M. Pd., (II) Wawan Kurniawan, S. Si., M. Cs. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, hukum Newton. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan kepada siswa untuk belajar aktif. Pembelajaran hendaknya mendorong siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, hendaknya seorang guru mampu menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan semangat siswa dalam belajar fisika, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan hasil belajar siswa sesuai yang diinginkan. Salah satu yang diharapkan akan dapat mempermudah siswa dalam menerima ilmu pengetahuan yaitu dengan digunakannya bahan ajar. Handout merupakan bahan ajar yang berisi penjelasan secara singkat atau ringkas yang berkaitan dengan suatu materi bahasan yang diberikan guru kepada siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran. Handout ini diperlukan agar dapat memvisualisasikan konsep dan hitungan pada materi hukum Newton tentang gerak agar mudah dipahami oleh siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan pembelajaran fisika berupa handout berbasis discovery learning pada materi hukum Newton tentang gerak untuk siswa SMA kelas X, serta mengetahui persepsi siswa terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey dengan 10 tahapan yaitu identifikasi tujuan pembelajaran, analisis instruksional, mengidentifikasi tingkah laku awal/karakteristik siswa, merumuskan tujuan kinerja, pengembangan tes acuan patokan, pengembangan strategi pembelajaran, pengembangan atau memilih pengajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, menulis perangkat dan melaksanakan evaluasi sumatif, dan revisi. Bahan pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tim ahli, dan selanjutnya diuji cobakan pada siswa (responden) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap handout berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan. Dari analisis respon siswa terhadap indikator desain handout memperoleh persentase sebesar 80,00% (baik), indikator materi sebesar 81,71% (sangat baik), dan indikator keterbacaan handout sebesar 81,56% (sangat baik). Rata-rata keseluruhan indikator adalah 81,09% (sangat baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan pembelajaran fisika yang dikembangkan berupa handout berbasis discovery learning pada materi hukum Newton tentang gerak untuk siswa SMA kelas X baik/layak digunakan sebagai bahan pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Depositing User: | ENI FOLIA |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 00:51 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 00:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4694 |
Actions (login required)
View Item |