Sorry S, Riska Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Buku Saku Digital Berbasis Mobile Application pada Smartphone untuk Materi Listrik Statis Kelas XII SMA. Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Buku Saku Digital Berbasis Mobile Application pada Smartphone untuk Materi Listrik Statis Kelas XII SMA.
![]() |
Text
Artikel Riska Sorry Syafitri.pdf Download (51kB) |
Abstract
ABSTRAK Syafitri, Riska Sorry. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Buku Saku Digital Berbasis Mobile Application pada Smartphone untuk Materi Listrik Statis Kelas XII SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si. (II) Febri Berthalita Pujaningsih, M.Si. Kata Kunci : mobile learning, buku saku digital, listrik statis Inovasi pembelajaran dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile application diharapkan mampu mengatasi minimnya pengetahuan siswa mengenai konsep belajar m-learning. Serta dapat menambah ketersediaan media belajar mandiri bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis mobile application pada materi listrik statis kelas XII SMA dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis mobile application pada materi listrik statis kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan desain ADDIE. Adapun tahap dari desain ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluate). Penelitian pengembangan ini terbatas hingga tahap pengembangan (develop). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Jambi dengan total responden sebanyak 73 siswa. Sumber data merupakan data primer yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Angket diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menilai validitas produk media. Angket diberikan kepada siswa untuk menilai persepsi siswa terhadap media yang telah valid. Teknik analisis dilakukan secara statistik deskriptif (mean, median, standar deviasi, nilai maksimum dan minimum). Hasil penelitian berupa terciptanya media pembelajaran dalam bentuk buku saku digital berbasis mobile application. Media pembelajaran ini dapat digunakan pada smartphone dengan format .apk dan digunakan pada PC/laptop dengan bantuan emulator android seperti BlueStack. Media yang dikembangkan berisi uraian informasi berupa teks, animasi, gambar, video, dan soal evaluasi. Jumlah soal yang tersedia sbeanyak 40 butir dengan tipe essay. Media ini telah melalui tahap validasi sebanyak tiga kali dengan hasil nilai rata-rata akhir masing-masing 64 untuk validasi materi dan 57 untuk validasi media. Selanjutnya didapat nilai rata-rata untuk persepsi siswa adalah 53,77 dengan kategori baik. Keunggulan dari media buku saku digital yang dihasilkan adalah sifat portable dan fleksible, didukung cara pengoperasian yang mudah, tersedianya banyak soal latihan. Adapun kelemahan pada media ini adalah tidak tersedianya simulasi untuk melatih cara berfikir siswa dan belum terkoneksinya media secara online. Berdasarkan hasil keseluruhan yang didapat dalam penelitian pengembangan ini maka dapat disumpulkan bahwa media pembelajaran dalam bentuk buku saku digital berbasis mobile application pada materi listrik statis kelas XII SMA dapat digunakan siswa sebagai media belajar mandiri yang dapat diakses siswa dimanapun dan kapanpun secara mudah menggunakan perangkat smartphone maupun PC/laptop.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | RISKA SORRY SYAFITRI |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 09:17 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 09:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |