PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

Bakar, muhamad PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. Pendidikan Ekonomi.

[img] Text
ARTIKEL 2_2.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Bakar. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X IPS DI SMA Negeri 11 Kota Jambi (I) Dr. Dra. Hj. Muazza, M.Si., (II) Riyo Riyadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Terdapat masih rendahnya pelaksanaan pembelajaran yang terfokus ke siswa secara aktif dan efektif, menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, dengan demikian dalam proses pembelajaran ada beberapa permasalahan yang dapat ditemukan pada siswa, diantaranya yaitu siswa kurang aktif atau hanya sebagian siswa yang aktif dalam kelas, kemampuan siswa belajar masih pada tingkat hapalan, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rata-rata di bawah standar pada pelajaran ekonomi. Ada banyak cara yang harus dilakukan oleh guru salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil pembelajaran ekonomi di SMA NEGERI 11 Kota Jambi. Penelitian menggunakan menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan bentuk desain nonequivalent control group design yang dilakukan SMA NEGERI 11 Kota Jambi di kelas X IPS semester genap tahun ajaran 2017/2018 pada tanggal 26 Maret s/d 26 Mei. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (84,97) lebih tinggi di bandingkan hasil belajar siswa kelas control (68,63) dan pada uji-t diperoleh nilai bahwa thitung = 10.51 dan ttabel = 2,002. Karena thitung> ttabel atau (10.51>2,002). Artiya terdapat penerapan model pembelajaran jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Kesimpulan, pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi adalah efektif. Maka secara oprasional terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran jigsaw dengan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran yang optimal. Untuk penelitian ini lebih lanjut, disarankan kiranya untuk diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMAD BAKAR
Date Deposited: 05 Jul 2018 03:54
Last Modified: 05 Jul 2018 03:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item