Rahmi, Rahmi Deskripsi Konsepsi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi Pada Materi Fluida Statis. Deskripsi Konsepsi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi Pada Materi Fluida Statis.
Text
Artikel Rahmi.pdf Download (95kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmi, 2017. Deskripsi Konsepsi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi Pada Materi Fluida Statis, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Dr. Rendy Wikrama Wardana, S.Pd., M. Pd., Kata kunci: Deskripsi, Konsepsi, Fluida Statis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep dasar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi pada materi fluida statis yang masih rendah dan beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali, mengungkap, serta mendeskripsikan konsepsi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Muaro Jambi pada materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pada Februari 2018. Instrumen penelitian ini menggunakan soal esai dan panduan wawancara. Data penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan tes seleksi responden berupa tes esai, dan tes thinking aloud serta wawancara dengan siswa kelas XI IPA. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan berdasarkan nilai rata-rata dari skor jawaban siswa, kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran konsepsi siswa pada materi fluida statis masih sangat rendah. Hal ini diperoleh dari hasil jawaban tes esai yang terdiri dari 10 soal untuk 5 indikator. Indikator 1 menentukan tekanan hidrostatis yang terdiri dari 2 soal. Indikator 2 menerapkan hukum Pascal yang terdiri dari 3 soal. Indikator 3 menjelaskan hukum Archimedes yang terdiri dari 2 soal. Indikator 4 menerapkan tegangan permukaan dan kapilaritas yang terdiri dari 2 soal. Indikator 5 menentukan viskositas. Dari kesepuluh soal tersebut jawaban siswa dikelompokkan berdasarkan rubrik skala. Pada skala “0” (tidak menjawab) diperoleh rata-rata sebesar 5%, pada skala “1” (jawaban dan alasan kurang tepat) diperoleh rata-rata sebesar 48%, pada skala “2” (jawaban benar dan alasan kurang tepat) diperoleh rata-rata sebesar 32%, pada skala “3” (jawaban dan alasan benar) diperoleh rata-rata sebesar 15%
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Depositing User: | RAHMI |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 03:57 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4697 |
Actions (login required)
View Item |