PENINGKATAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI GULING KEBELAKANG MELALUI PENERAPAN PART-WHOLE METHODS PADA SISWA KELAS VII D MTs NEGERI TALANG BAKUNG KOTA JAMBI

SADRI, MUHAMMAD PENINGKATAN KETERAMPILAN SENAM LANTAI GULING KEBELAKANG MELALUI PENERAPAN PART-WHOLE METHODS PADA SISWA KELAS VII D MTs NEGERI TALANG BAKUNG KOTA JAMBI. JURNAL Peningkatan Keterampilan Senam Lantai Guling ke Belakang Melalui Penerapan Part-Whole Methods Pada Siswa KelasVII D MTs Negeri Talang BAkung Kota Jambi.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Septiohadi, A.B. 2011. “Peningkatan Keterampilan Senam Lantai Guling ke Belakang Melalui Penerapan Part-Whole Methods Pada Siswa KelasVII D MTs Negeri Talang BAkung Kota Jambi” Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) DrSukendro,M.kes (II) Hendri Munar,Spd, M.Pd. Kata kunci: Peningkatan keterampilan, senam lantai guling ke belakang, part-whole methods dan KKM. Senam lantai merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diberlakukan di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani saat pembelajaran senam lantai guling ke belakang yang dilakukan terhadap siswa kelasVII D MTs Negeri Talang Bakung, didapatkan hasil penguasaan senam lantai guling ke belakang kurang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diberlakukan di sekolah tersebut. Hal itu tentunya menuntut peningkatan keterampilan lebih ditingkatkan lagi, untuk memenuhi hasil belajar yang lebih baik lagi diterapkan part-whole methods. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan senam lantai guling ke belakang melalui penerapan part-whole methods pada siswa kelas VII D MTs Negeri Talang Bakung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan observasi, siklus 1, dan siklus 2. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, sedangkan 32 siswa kelas VII D sebagai subyek penelitian. Hasil penelitian pada observasi awal didapatkan ketidak tuntasan yang didapatkan karena posisi tangan siswa saat menumpu tidak menghadap ke depan dan sikap kaki yang tidak rapat saat didorong ke belakang sehingga gerakan guling ke belakang kurang baik dan 19 siswa yang belum tuntas, setelah diterapkan part-whole methods pada siklus I didapatkan siswa 4 siswa yang pada pembelajaran senam lantai guling ke belakang belum memenuhi KKM, sebagian besar penyebabnya adalah posisi tangan saat menumpu tidak menghadap ke depan. Pada siklus II menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa sudah bisa melakukan gerakan senam lantai guling ke belakang dengan baik dan benar. Hasil ini didapatkan karena pengulangan kembali, penerapan part-whole methods dan dengan meninggikan matras membuat gerakan guling ke belakang dapat melampaui KKM yang ada di MTs Negeri Talang Bakung. Hal itu bisa dilihat dari aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran dari observasi awal, siklus I hingga siklus II. Kesimpulan, mencermati dari hasil observasi Penelitian Tindakan Kelas serta part-whole methods yang diberikan oleh guru dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar gerakan senam lantai guling ke belakang di MTs Negeri Talang Bakung khususnya kelas VII D. Hal itu bisa dilihat dari aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran dari observasi awal, siklus I hingga siklus II. Selain itu, bisa dilihat melalui peningkatan persentase siswa yang tuntas belajar secara individu dan secara klasikal dari sebelum dan sesudah dilakukan PTK juga menunjukkan adanya peningkatan. Hasil penilaian senam lantai guling ke belakang sebelum dan sesudah dilakukan PTK di atas dapat dilihat bahwa adanya peningkatan jumlah siswa yang nilainya melampaui KKM. Saran dari penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani diharapkan lebih kreatif dan bervariasi lagi dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa senang dan percaya diri. Dengan demikian proses pembelajaran dapat tercapai. Penelitian tindakan kelas ini hendaknya dikembangkan pada pembelajaran dan pada cabang olahraga yang lain sebagai upaya peningkatan keterampilan pendidikan jasmani.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD SADRI
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:26
Last Modified: 05 Jul 2018 04:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item