Nugraha, Bintang (2023) Pengembangan Mind Map Interaktif Berbantuan Website pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK BINTANG NUGRAHA_A1C119079.pdf - Published Version Download (73kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BINTANG NUGRAHA_A1C119079_FULL-1-2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB I BINTANG NUGRAHA_A1C119079.pdf - Published Version Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB V BINTANG NUGRAHA_A1C119079 (2).pdf - Published Version Download (73kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA BINTANG NUGRAHA_A1C119079.pdf - Published Version Download (78kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version Download (136kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BINTANG NUGRAHA_A1C119079_FULL.pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Mind Map Interaktif, Website, Multimedia,Termokimia. Kimia merupakan mata pelajaran sains yang diajarkan di SMA. Pelajaran kimia memuat banyak konsep yang dihubungkan dari satu materi dengan materi lainnya dan saling berkait. Relevansi ini harus dipahami untuk dapat menguasai materi yang diajarkkan. Mind map atau bisa disebut dengan peta pikiran merupakan suatu cara untuk membuat informasi menjadi lebih terorganisasi dan menyajikaanya kedalam kelompok-kelompok informasi yang saling berhubungan. Keunggulan mind map ini adalah dapat memvisualisasikan hubungan antar tiap konsep pada materi termokimia. Mengintegrasikan mind map yang memuat multimedia kedalam website dan bersifat interaktif menjadi kombinasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah mind map interaktif berbantuan website pada materi termokimia kelas XI SMA yang dikembangkan layak secara konseptual maupun secara praktis untuk menaji sebuah media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (saran dan komentar) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban). Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi dan ahli media masing-masing sebesar 4,333 (sangat layak) dan 4,75 (sangat layak), serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan penilaian dan tanggapan guru diperoleh skor sebagai validasi praktisi yaitu sebesar 4,727 (sangat baik) dengan persentase 94,546%, Serta mendapat respons yang sangat baik dari pada uji coba kelompok kecil sebesar 86,17%. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Mind map interaktif yang dikembangkan layak digunakan secara konseptual dan praktis sebagai salah satu media pembelajaran pada materi termokimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Map Interaktif, Website, Multimedia,Termokimia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | NUGRAHA |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 06:30 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 06:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |