Aini, Nur (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Media Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, PGSD.
Text (skripsi)
ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (473kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
Abstract
Aini, Nur 2023. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Media Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd,. M.Si (II) Muhammad Sholeh,. S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Keaktifan Belajar, STAD, Media Card Sort Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD berbantuan media card sort pada muatan IPA bagi siswa kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 212/IX Sarang Burung. Data penelitian ini bersumber pada siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan bantuan media card sort pada muatan IPA bagi kelas V SDN 212/IX Sarang Burung, dapat disimpulkan Pada siklus I pertemuan terakhir, rata-rata persentase diperoleh sebesar 53,00%, pada siklus II, mengalami peningkatan diperoleh sebesar 80,00%. Terdapat peningkatan berturut-turut disetiap pertemuan pada siklus I dan II dengan jenjang 50,00% sampai 80,00%. Pada siklus II tercapai kriteria ketuntasan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti diperoleh sebesar 80,00%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model penerapan pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan bantuan media card sort pada muatan IPA bagi kelas V SDN 212/IX mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan pada pertemuan terakhir siklus I persentase keaktifan belajar siswa yaitu 53,33% kemudian pada pertemuan terakhir di siklus II persentase keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 80,00% dari jumlah siswa sebanyak 30 orang. Maka tindakan yang diberikan dengan menerapkan model pembelajran cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan bantuan media card sort berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | AINI |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 02:12 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 02:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47063 |
Actions (login required)
View Item |