Pengembangan e-LKPD Berbasis Proyek Untuk Menunjang Pembelajaran Kimia Pada Materi Asam Basa di Kelas XI SMA

Andriyani, Astri (2023) Pengembangan e-LKPD Berbasis Proyek Untuk Menunjang Pembelajaran Kimia Pada Materi Asam Basa di Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Pembelajaran berbasis proyek melalui e-LKPD kimia materi asam basa bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa untuk dapat mengembangkan keterampilan 6C yang menjadi tuntutan pembelajaran abad 21 yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-LKPD berbasis proyek secara praktis dan teoritis serta respon siswa terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Instrument penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian yaitu e-LKPD berbasis proyek mendapat kelayakan ahli materi 4,67 (Sangat Layak), ahli media sebesar 4,6 (Sangat Layak), penilaian guru sebesar 4,33 (Sangat Baik) dan respon dari siswa memiliki persentase 86,93% (Sangat Baik). Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, e-LKPD, Asam Basa Abstract Project-based learning through the acid-base chemistry e-LKPD aims to provide insight to students to be able to develop 6C skills which are the demands of 21st century learning, namely student-centered learning. This study aims to determine the practical and theoretical feasibility of project-based e-LKPD as well as student responses to the developed e-LKPD. This research is development research that uses the 4D development model. The research instrument used was an interview guide and a questionnaire. The data analysis technique used is qualitative data analysis (comments and suggestions) and quantitative data analysis (average answer score and percentage). The results of the study are that the project-based e-LKPD gets a material expert eligibility of 4.67 (Very Eligible), a media expert of 4.6 (Very Eligible), a teacher assessment of 4.33 (Very Good) and a response from students has a percentage of 86, 93% (Very Good). Keywords: Project-Based Learning, e-LKPD, Acid-Base

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, e-LKPD, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ANDRIYANI
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:38
Last Modified: 12 Apr 2023 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47077

Actions (login required)

View Item View Item