PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

GUSTIANI, EKA PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually) BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL_RRA1C413013.pdf

Download (962kB)

Abstract

ABSTRAK Gustiani, Eka. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually) Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Upik Yelianti, M.S., (II) Dr. Evita Anggereini, M.Si. Kata Kunci : model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually), pendekatan saintifik, hasil belajar. Rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi dikarenakan dalam proses pembelajaran kebanyakan siswa beranggapan bahwa pelajaran biologi sangat membosankan dan sulit dipahami, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 72. Oleh karena itu, pendidik harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, ilmiah, menarik perhatian siswa dan meningkatkan hasil belajar. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI berbasis saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually) berbasis saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018 khususnya pada materi Struktur dan Fungsi Sel Penyusun Jaringan pada Tumbuhan. Jenis penelitian ini merupakan True Eksperimen dengan Desain Post tes Only Control Desain. Sampel yang digunakan terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan pada aspek kognitif berupa tes yang telah diuji validitas dan reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Aspek afektif menggunakan angket dan aspek psikomotor menggunakan lembar observasi. Hasil tes yang telah didapat kemudian dianalisis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kognitif siswa untuk kelas eksperimen 76,45 sedangkan kelas kontrol 72,97 dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu, 3,31 > 1,66 maka hipotesis diterima. Rata-rata nilai afektif siswa kelas eksperimen 80,75 sedangkan kelas kontrol 77,41 dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu, 2,32 > 1,66 maka hipotesis diterima. Rata-rata nilai pada aspek psikomotor siswa kelas eksperimen 75,3 sedangkan kelas kontrol 72,08 dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu, 1,96 > 1,66 maka hipotesis diterima. Dari analisis uji hipotesis yang telah dilakukan terhadap ketiga aspek maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI berbasis Saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Diharapkan adanya penelitian lanjutan dengan pokok bahasan yang berbeda karena dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI berbasis saintifik dapat menjadikan siswa aktif secara fisik maupun mental.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: EKA GUSTIANI
Date Deposited: 06 Jul 2018 02:39
Last Modified: 06 Jul 2018 02:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4710

Actions (login required)

View Item View Item