PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMPN 9 BATANG HARI

Qorinatul Q, Nur and M Simatupang, Gugun and Marzal, Jefri PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI KELAS VII SMPN 9 BATANG HARI. REPOSITORY UNJA. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (589kB)

Abstract

Model pembelajaran matematika Knisley memiliki keunggulan diantaranya meningkatkan semangat siswa untuk berpikir aktif, membantu suasana belajar yang kondusif karena siswa bersandar pada penemuan individu, memunculkan kegembiraan dalam proses belajar mengajar karena siswa dinamis dan terbuka dari berbagai arah. Kelebihan model pembelajaran matematika Knisley diharapkan mampu menyesaikan permasalahan disetiap levelnya. Dengan adanya tahap-tahap pembelajaran dalam model pembelajaran matematika Knisley ini, siswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan literasinya dengan tetap mendapatkan bantuan dan motivasi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Model pembelajaran matematika Knisley dengan pendekatan scientific terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 9 Batanghari”. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimen dan desain penelitian yang digunakan adalah postest-only control design dengan dua kelas sampel yang masing-masing diberi tes kemampuan koneksi matematis. Sampel yang diteliti sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Analisis data untuk mengetahui perbedaan rata-rata digunakan uji t dua pihak. Kriteria pengujian adalah terima H0 jika pada taraf nyata 95% (α = 0,05) dan derajat kebebasan . Diperoleh nilai dan 1,67555 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti rata- rata hasil test kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti model Knisey dengan pendekatan scientific memiliki perbedaan dengan rata-rata hasil test kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung dengan pendekatan scientific.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR QORINATUL Q
Date Deposited: 06 Jul 2018 05:44
Last Modified: 06 Jul 2018 05:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item View Item