PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI IPA TEMA 2 SUBTEMA 1 DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Novita, Vivi Elida (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI IPA TEMA 2 SUBTEMA 1 DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
Vivi Elida Novita_A1D119130_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (228kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (402kB)

Abstract

ABSTRAK Novita, VE, 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi IPA Tema 2 Subtema 1 di Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, dosen pembimbing: (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., (2) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline 3, pembelajaran IPA SD Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui prosedur pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi IPA Tema 2 Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar, (2) Mengetahui validitas Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi IPA Tema 2 Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar. (3) Mengetahui kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi IPA Tema 2 Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Articulate toryline 3 pada materi IPA tema 2 subtema 1 di kelas V Sekolah Dasar. Langkah pengembangan yang dilakukan mengacu pada model pengembangan DDD-E (decide, design, develop, evaluate). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V A SD N 13/I Muara Bulian pada bulan Januari hingga Februari 2023. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari respon tim ahli media dan materi serta pendidik dan peserta didik setelah dilakukan uji coba produk. Sedangkan data kualitatif berupa saran dan komentar yang diberiken oleh tim ahli validasi dan praktisi terhadap produk yang dinilai. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi media, materi dan praktisi. Setelah data tersebut dikumpulkan, maka dilakukan analisis terhadap data tersebut untuk mengetahui kevalidan dan keprantisan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa validasi dari ahli media memperoleh skor nilai rata-rata 4,3 dengan kategori sangat valid. Berikutnya, validasi oleh ahli materi memperoleh skor nilai rata-rata 4,5 dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil penilaian oleh praktisi yaitu guru dan siswa. Hasil praktisi oleh guru memperoleh skor rata-rata kepraktisan 4,6 dengan kategori sangat praktis dan dari hasil praktisi oleh siswa dalam uji coba kelompok besar memperoleh skor rata rata kepraktisan 4,5 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 pada materi ipa tema 2 Subtema 1 di kelas V Sekolah Dasar telah valid dan praktis sehingga layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Vivi Elida Novita
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:59
Last Modified: 13 Apr 2023 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47166

Actions (login required)

View Item View Item