PUTRI, NOVA SOMALIA (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN JENIS-JENIS KESALAHAN MENURUT NEWMAN PADA SISWA GAYA BELAJAR VISUAL DI KELAS VIII SMP N 8 KOTA JAMBI. ARTIKEL ILMIAH. (Unpublished)
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah materi keliling dan luas daerah segiempat. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah keberagaraman karakteristik. Salah satu karakteristik siswa tersebut adalah gaya belajar. Gaya belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah gaya belajar visual. Untuk mengetahui penyebab hal tersebut terjadi adalah dengan menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada kriteria dalam prosedur Newman yang terdiri dari reading, comprehension, transformation, process skill, dan encoding. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa dengan tipe gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika materi keliling dan luas daerah segiempat ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII I SMP N 8 Kota Jambi yang bergaya belajar visual. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian didapat dari hasil angket gaya belajar peserta subjek yang merupakan siswa dengan gaya belajar visual. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada langkah comprehensi subjek yang paling banyak melakukan kesalahan utama pada tahap ini adalah Siswa visual 01 melakukan kesalahan utama pada tahap ini sebanyak 5 soal dari 6 soal yang diberikan. Pada langkah transformasi Siswa visual 1 melakukan kesalahan utama pada tahap ini sebanyak 4soal, Siswa visual 2 sebanyak 3 soal, Siswa visual 3 sebanyak 3 soal, Siswa visual 4 sebanyak 4 soal dan Siswa visual 5 sebanyak 4 soal. Pada langkah process skill subjek yang melakukan kesalahan paing banyak adalah Siswa visual 2 melakukan kesalahan utama pada tahap ini sebanyak 2 dari 6 soal. Penyebab kesalahan yang dilakukan itu karena siswa tidak paham dengan kalimat dalam soal dan tidak terbiasa dengan soal-soal seperti yang diberikan, siswa tidak dapat menentukan operasi yang sesuai atau urutan operasi yang diperlukan untuk memecahkan masalah dan siswa kurang hati-hati dan terburu-buru dalam menjawab permasa-lahan yang diberikan, belum bisa men-transformasikan kalimat pada soal dari bahasa sehari-hari kedalam persamaan matematika, belum memahami konsep aljabar terkait dengan perbandingan dan tidak bisa dalam menggunakan rumus Phytagoras.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NOVA SOMALIA PUTRI |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 02:56 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 02:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4720 |
Actions (login required)
View Item |