Panji, Muharram, Muhammad Deskripsi Konsepsi Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi Pada Konsep Hukum I Termodinamika. Deskripsi Konsepsi Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi Pada Konsep Hukum I Termodinamika.
Text
Artikel Panji.pdf Download (104kB) |
Abstract
ABSTRAK Muharram, Muhammad Panji. 2018. Deskripsi Konsepsi Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi Pada Konsep Hukum I Termodinamika: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Dr. Rendy Wikrama Wardana, M.Pd., Kata Kunci: Konsepsi, Hukum I Termodinamika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dasar siswa pada pelajaran fisika. Khususnya pada konsep Hukum I Termodinamika. Pada konsep ini masih banyak siswa yang mengalami konsep-konsep yang kurang tepat dan siswa kesulitan dalam memahami konsep Hukum I Termodinamika. Rendahnya pemahaman konsep dasar siswa berpengaruh terhadap kemampuan siswa, baik dalam menjawab soal serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi yang telah belajar konsep Hukum I Termodinamika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Kota Jambi pada bulan Februari 2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay, tes thinking aloud (TAL), wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes essay mengenai konsep Hukum I Termodinamika. Selanjutnya dilakukan tes thinking aloud (TAL) serta wawancara kepada siswa. Setelah data diperoleh kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa gambaran konsepsi yang dimiliki siswa pada konsep Hukum I Termodinamika masih rendah ketika menjawab soal yang diberikan dan siswa kesulitian dalam memahami konsep tersebut. Kesulitan yang dialami siswa umumnya pada subkonsep energi dalam, usaha dan kalor. Dari keenam soal tersebut dikelompokkan dalam rubrik skala jawaban. Pada skala “0” (tidak menjawab) diperoleh rata-rata sebesar 4%, pada skala “1” (jawaban dan alasan kurang tepat) diperoleh rata-rata sebesar 31%, pada skala “2” (jawaban benar dan alasan kurang tepat) diperoleh rata-rata sebesar 29%, pada skala “3” (jawaban dan alasan benar) diperoleh rata-rata sebesar 36%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru perlu memperbaiiki konsep siswa, terutama memberikan penekanan lebih terhadap konsep-konsep dasar Hukum I Termodinamika.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | M. PANJI MUHARRAM |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 03:57 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4722 |
Actions (login required)
View Item |