PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS STEM-PjBL PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA

linda, desma (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS STEM-PjBL PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
SRIPSI DESMA LINDA _cover.pdf - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
SRIPSI DESMA LINDA _HALAMAN PEGESAHAN DAN HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (257kB)
[img] Text
SRIPSI DESMA LINDA _ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text
SRIPSI DESMA LINDA _BAB I.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text
SRIPSI DESMA LINDA _BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
SRIPSI DESMA LINDA _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
SRIPSI DESMA LINDA _A1C119075_ SELESAI_compressed (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: e-LKPD, STEM-PjBL, Koloid, Kemampuan Berpikir Kreatif. Penerapan materi koloid sebagian besar sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun banyak peserta didik yang tidak menyadari hal tersebut karena pemahaman konsepnya belum optimal. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran STEM-PjBL. Model pembelajaran ini dapat memberikan peluang untuk merancang pembelajaran sendiri dengan menciptakan produk yang terintegrasi dengan keterampilan STEM yang diperoleh dari pengalaman dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis STEM- PjBL pada materi koloid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, mengetahui hasil kelayakan konseptual, penilaian guru, dan respons peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan media serta dinilai oleh guru yang selanjutkan diujicobakan satu satu dan kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi dan media, masing- masing diperoleh rerata skor 4,8 (sangat layak), 4,72 (sangat layak) serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Penilaian guru diperoleh rerata skor 4,8 (sangat baik), serta mendapatkan respons positif dari peserta didik dengan persentase 86,29% (sangat baik) pada uji satu-satu dan 86,74% (sangat baik) pada uji kelompok kecil. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis STEM-PjBL yang dikembangkan memperoleh hasil sangat layak digunakan secara konseptual dan praktis sebagai salah satu bahan ajar pada materi koloid.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, STEM-PjBL, Koloid, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: linda
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:57
Last Modified: 14 Apr 2023 01:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47224

Actions (login required)

View Item View Item