PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

YANTI, PEBRI NURRAMA PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (505kB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR OLEH: PEBRI NURRAMA YANTI NIM A1D114038 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Nurrama Yanti, Pebri. 2018. Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran IPs di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd (2) Panut Setiono, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Media Monopoli, Pembelajaran IPS Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran IPS sangat dibutuhkan. Dengan adanya media peserta didik dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Penggunaan media di sekolah hanya menggunakan buku. Untuk itulah dikembangkan media monopoli, yaitu media yang menyajikan keberagaman suku bangsa dan budaya di daerah Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media monopoli berbasis kontekstual yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model pengembangan intruksional (MPI) oleh Atwi Suparman yang terdiri dari 6 langkah yaitu, melakukan analisis intruksional, mengidentifikasi karakteristik peserta didik, menulis tujuan intruksional khusus (TIK), menyusun strategi intruksional, mengembangkan bahan intruksional, dan melaksanakan evaluasi formatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 121/1 Muara Singoan. Hasil penelitian ini berupa media monopoli berbasis kontekstual pada pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator pembelajaran diperoleh rata-rata 3,8 termasuk kategori “valid”. Hasil validasi oleh validator media diperoleh rata-rata 4,7 termasuk kategori “sangat valid”. Setelah layak untuk diujicobakan, maka peneliti melakukan uji coba lapangan dikelas IV dengan jumlah 6 peserta didik. Hasil angket respon peserta didik memperoleh skor dengan rata-rata 4,32 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil angket respon guru memperoleh skor dengan rata-rata 4,3 dengan kategori “sangat praktis”. Kesimpulan penelitian ini adalah media monopoli berbasis kontekstual layak untuk digunakan sebagai media pada pembelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PEBRI NURRAMA YANTI
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:57
Last Modified: 09 Jul 2018 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item