Musdahlipah, Musdahlipah (2023) ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (387kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran biologi, kebutuhan bahan ajar biologi berbasis ICT, kendala dalam menerapkan bahan ajar biologi berbasis ICT, serta sarana dan prasarana yang mendukung dalam menerapkan bahan ajar berbasis ICT di SMAN 6 Muaro Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Responden penelitian yaitu siswa kelas X yang berjumlah 18 orang, satu guru biologi kelas X, satu guru ICT dan satu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kuesioner dan wawancara semi terstruktur. Teknik pengambilan sampel untuk siswa menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Berdasarkan hasil penelitian dari 18 peserta didik 15 peserta didik atau 83,3% peserta didik mengungkapkan membutuhkan bahan ajar ICT, didukung data minat terhadap bahan ajar ICT diketahui 16 peserta didik atau 88,9% peserta didik mengungkapkan menyukai belajar menggunakan bahan ajar berbasis ICT, sehingga diketahui bahwa guru dan peserta didik membutuhkan bahan ajar berbasis ICT untuk membantu peserta didik memahami materi, mengkonkretkan materi yang abstrak, menambah bahan bacaan atau referensi, membuat suasana belajar yang menarik, serta meningkatkan interaksi dalam proses pembelajaran. Manfaat menggunakan bahan ajar biologi berbasis ICT dapat membuat proses pembelajaran yang lebih aktif, kolaboratif, antusias, serta dapat meningkatkan keterampilan peserta didik sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka yang mengharuskan peserta didik menjadi student learning center. Kebutuhan bahan ajar berbasis ICT juga didukung berdasarkan hasil penelitian tentang gaya belajar 50% peserta didik diketahui memiliki gaya belajar auditori, 27,7% peserta didik memiliki gaya belajar visual, dan hanya 22,7% peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik, dengan menggunakan bahan ajar berbasis ICT, materi biologi dapat disajikan secara audio visual, peserta didik akan lebih mudah mengingat dan memahami materi pembelajaran apabila melibatkan dua indera contohnya penglihatan dan pendengaran. Kendala dalam menerapkan bahan ajar berbasis ICT dapat digolongkan menjadi dua yaitu sarana fisik dan non fisik, secara fisik berupa sarana dan prasarana yang belum terpasang di kelas seperti LCD proyektor, speaker, dan jaringan internet, sedangkan secara non fisik masih kekurangan waktu dan belum terlatih dalam mendesain dan mengintegrasikan ICT dalam proses pembelajaran, serta masih melekatnya resistensi pendidik
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biologi, Bahan Ajar, Information And Communication Technology |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Musdahlipah |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 06:40 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |