Pengaruh Penggunaan Limbah Pembuatan Fillet Ikan Gabus Sebagai Pakan Sumber Protein Dalam Ransum Terhadap Performa Ayam Broiler

Budiansyah, Agus and Haroen, Ucop and Syafwan, Syafwan (2022) Pengaruh Penggunaan Limbah Pembuatan Fillet Ikan Gabus Sebagai Pakan Sumber Protein Dalam Ransum Terhadap Performa Ayam Broiler. In: Seminar Nasional IV Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Peternakan Universitas Jambi 7 November 2022, 7 November 2022, Fakultas Peternakan Universitas Jambi. (Unpublished)

[img] Text
Terapan Unggulan Fakultas tahun 2022 Artikel Seminar Agus Budiansyah .pdf

Download (126kB)
[img] Text
_11. LoA Agus Budiansyah (Penelitian).docx.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Dr. Ir. Agus Budiansyah, MS. sertrifikat semnas iv Fillet.pdf

Download (247kB)

Abstract

RINGKASAN Tujuan penelitian adalah untuk menentukan taraf penggunaan tepung limbah fillet ikan gabus dalam ransum terhadap performa ayam broiler yang dapat digunakan sebagai pakan ternak sumber protein pengganti tepung ikan komrrsial dalam rangka menghasilkan tepung limbah ikan Gabus berkualitas tinggi dengan metode penggaraman. Penelitian terdiri dari dua tahap, tahap pertama dilakukan pengolahan terhadap Limbah fillet ikan Gabus dengan cara penggaraman dengan kadar garam yaitu 5.0%. Penggaraman dilakukan dengan cara basah yaitu limbah ikan direndam dalam larutan garam dengan perbandingan bahan dan larutan garam 1:1 selama 3 jam dan dikeringkan selama 2-4 hari pada panas sinar matahari. Tepung ikan limbah pembuatan fillet ikan Gabus kering digunakan dalam campuran ransum sebagai pengganti tepung ikan komersial. Sebanyak 200 ekor anak ayam telah digunakan dalam penelitian ini. Perlakuan yang akan diterapkan adalah sebagai berikut : R1 = Ransum ayam broiler periode starter / finisher dengan penggunaan 12% tepung limbah fillet ikan gabus dan 0% tepung ikan komersial ; R2 = Ransum ayam broiler periode starter / finisher dengan penggunaan 8% tepung limbah fillet ikan gabus dan 4% tepung ikan komersial; R3 = Ransum ayam broiler periode starter / finisher dengan penggunaan 4% tepung limbah fillet ikan gabus dan 8% tepung ikan komersial; R4 = Ransum ayam broiler periode starter / finisher dengan penggunaan 0% tepung limbah fillet ikan gabus dan 12% tepung ikan komersial (sebagai kontrol). Setiap perlakuan dikenakan 5 kali ulangan, sehingga terdapat 20 unit kandang percobaan dan setiap ulangan terdiri atas 10 ekor ayam. Ayam dipelihara selama 4 minggu dengan pemberian makan sesuai perlakuan dan air minum disediakan ad libitum. Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan bobot badan akhir umur 4 minggu. Rancangan yang dipakai adalah Rancangan Acak Lengkap, dan analisis statistik dilakukan terhadap peubah-peubah yang diamati, bila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan menurut Steel dan Torrie (1980). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penggunaan tepung limbah fillet ikan gabus sebagai pengganti tepung ikan komersial dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil ini menunjukkan bahwa limbah fillet ikan gabus dapat digunakan menggantikan 100% tepung ikan komersial yaitu sebanyak 12 penggunaannya dalam ransum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa limbah fillet ikan gabus dalam ransum dapat digunakan sampai taraf 12% dan dapat menggantikan 100% tepung ikan komersial. Kata kunci: ikan Gabus, garam, performa, ayam broiler.

Type: Conference (Speech)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budiansyah
Date Deposited: 04 May 2023 09:26
Last Modified: 04 May 2023 09:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47292

Actions (login required)

View Item View Item