Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Pada Peserta Didik Kelas V Muatan IPA SDN 186/ISridadi

Sijabat, Giohilda (2023) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Pada Peserta Didik Kelas V Muatan IPA SDN 186/ISridadi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Giohilda Sijabat_Skripsi_Final.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (203kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (297kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

S. Giohilda. 2023. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi pada Peserta Didik Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN 186/I Sridadi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Kolaborasi, IPA, Model PjBL Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berkolaborasi pada peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 186/I Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 168/I Sridadi dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswi perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa pada mata pelajaran IPA ditema 6 dan 7, upaya dalam meningkatkan keterampilan berkolaborasai siswa menggunakan instrumen lembar observasi yang didasarkan pada kondisi awal dari keterampilan berkolaborasi adalah 33,33 %, siklus 1 memperoleh persentase keberhasilan sebesar 49,5%% dan siklus dua sebesar 75,9%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah di lakukan maka dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi, siswa yang dilihat dari peningkatan keterampilan berkolaborasi sudah mencapai 70%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, IPA, Model PjBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sijabat
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:47
Last Modified: 18 Apr 2023 03:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47293

Actions (login required)

View Item View Item