MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN NO. 64/I MUARA BULIAN

NINGRUM, ELISA DWI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN NO. 64/I MUARA BULIAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL TEKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL (COVER).pdf

Download (198kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ningrum, Elisa Dwi. 2023. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Melalui Model Creative Problem Solving pada Peserta Didik Kelas V SDN No. 64/I Muara Bulian: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si., (II) Andi Gusmaulia Eka Putri, M.Pd. Kata Kunci: kemampuan memecahkan masalah matematika, creative problem solving Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika pada peserta didik kelas V SDN No. 64/I Muara Bulian melalui model creative problem solving. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi aktivitas guru dan peserta didik serta tes kemampuan memecahkan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika pada peserta didik kelas V SDN No. 64/I Muara Bulian, yaitu dilihat pada hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik pada siklus I pertemuan I dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 71,42% dan pada siklus I pertemuan II dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 92,85%. Siklus II pertemuan I dan II mendapat persentase keterlaksanaan pembelajaran 100%. Selanjutnya, pada hasil tes kemampuan memecahkan masalah matematika dengan menggunakan lembar tes, memperoleh hasil persentase per indikator dan persentase ketuntasan klasikal kemampuan memecahkan masalah matematika. Hasil persentase per indikator pada siklus I pertemuan I adalah 74,24% untuk pemahaman masalah, 68,18% untuk perencanaan pemecahan masalah, 71,21% untuk pelaksanaan rencana pemecahan masalah dan 51,51% untuk refleksi pelaksanaan rencana. Hasil persentase per indikator pada siklus I pertemuan II adalah 80,30% untuk pemahaman masalah, 69,69% untuk perencanaan pemecahan masalah, 71,96% untuk pelaksanaan rencana pemecahan masalah dan 56,06% untuk refleksi pelaksanaan rencana. Hasil persentase per indikator pada siklus II pertemuan I adalah 93,18% untuk pemahaman masalah, 81,18% untuk perencanaan pemecahan masalah, 86,836% untuk pelaksanaan rencana pemecahan masalah dan 79,54% untuk refleksi pelaksanaan rencana. Hasil persentase per indikator pada siklus II pertemuan II adalah 97,61% untuk pemahaman masalah, 92,85% untuk perencanaan pemecahan masalah, 90,47% untuk pelaksanaan rencana pemecahan masalah dan 85,71% untuk refleksi pelaksanaan rencana. Adapun hasil persentase klasikal kemampuan memecahkan masalah pada siklus I pertemuan I ialah 45,45%, siklus I pertemuan II 59,09%, siklus II pertemuan I 72,72% dan siklus II pertemuan II 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika pada peserta didik kelas V SDN No. 64/I Muara Bulian.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan memecahkan masalah matematika, creative problem solving
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ningrum
Date Deposited: 08 May 2023 03:00
Last Modified: 08 May 2023 03:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47294

Actions (login required)

View Item View Item