PURBA, FERONICA ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMAN 10 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMAN 10 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL FERONICA PURBA.pdf Download (475kB) |
Abstract
Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi Oleh Feronica Purba1, M. Haris Effendi2, Harizon2 1Alumni Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi 2Staf Pengajar Prodi Pendidikan Kimia, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi email : feronicapurba595@yahoo.com Dalam proses pembelajaran kemampuan berpikir siswa sangat penting salah satunya kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran discovery learning adalah salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat diterapkan pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan desain penelitian mix method. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan tes. Hubungan keterlaksanaan model discovery learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa dicari dengan korelasi product momen. Keterlaksanaan model discovery learning oleh guru memiliki rata-rata sebesar 82,14% dengan kategori baik, rata-rata model oleh siswa sebesar 74,65% dengan kategori baik, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 71,10% dengan kategori baik dan rata-rata tes siswa sebesar 71,94%. Hubungan keterlaksanaan model discovery learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh r = 0,414 dengan tingkat hubungan pada kategori sedang, nilai signifikansi 0,023 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t dengan diperoleh thitung > ttabel (2,409 > 2.048) dan nilai signifikansi (Sig.) 0,023< 0,05 maka keterlaksanaan model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model discovery learning berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model discovery learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Kata Kunci: Model discovery learning, Berpikir Kritis dan Kesetimbangan Kimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FERONICA PURBA |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 03:57 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4731 |
Actions (login required)
View Item |