Sipahutar, Melva Upaya Meningkatkan Hasi lBelajar Kognitif Siswa Menggunakan Adobe Fash Cs6 Materi Hukum Newton Tentang Gerak Dan Penerapannya Di SMA Negeri 10 Kota Jambi Kelas X. Upaya Meningkatkan Hasi lBelajar Kognitif Siswa Menggunakan Adobe Fash Cs6 Materi Hukum Newton Tentang Gerak Dan Penerapannya Di SMA Negeri 10 Kota Jambi Kelas X.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (36kB) |
Abstract
ABSTRAK Melva Sipahutar. 2018. Upaya Meningkatkan Hasi lBelajar Kognitif Siswa Menggunakan Adobe Fash Cs6 Materi Hukum Newton Tentang Gerak Dan Penerapannya Di SMA Negeri 10 Kota Jambi Kelas X: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd., (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Media Pembelajaran, Adobe Flash Cs6 Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar Fisika siswa di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran Fisika yang mengajar di kelas X IPA 4,dapat diketahui bahwa pada saat proses belajar mengajar berlangsung aktivitas belajar siswa di dalam kelas sangat kurang aktif, siswa tidak memperhatikan penjelasan pendidik dan siswa kurang bertanya jika ada materi yang kurang jelas sehingga berimbas pada hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar Fisika siswa di karenakan mereka beranggapan Fisika adalah pelajaran yang sulit karena terlalu banyak rumusnya, kurang bersemangat untuk belajar, model dan metode yang digunakan guru kurang bervariasi, kurangnya penggunaan media berbasis computer saat proses pembelajaran terjadi sehingga banyak siswa yang bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan ini di lakukan upaya dengan menggunakan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs6 oleh Meina Oza untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di Kelas X IPA 4SMA Negeri 10 Kota Jambi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs6 dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 10 Kota Jambi pada kelas X IPA 4. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasyang di laksanakan 3 siklus.Setiap siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini ada dua cara pengambilan data yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif dengan pengamatan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi sedangkan pengambilan data kuantitatif yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes ( ulanganFormatif) di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklusI 48% ke siklus II 68%, dan dari siklus II menjadi 84% untuk siklus III. Rata-rata persentase aktivitas siswa 35,6% untuk siklus I, dan untuk siklus II meningkat menjadi 61,6% menjadi 81,3% untuk siklus III. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 yang dibuat oleh Meina Oza dengan bantuan model discovery di SMA Negeri 10 Kota Jambi dapat meningkatkan hasilbelajar kognitif siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | MELVA SIPAHUTAR |
Date Deposited: | 09 Jul 2018 04:56 |
Last Modified: | 09 Jul 2018 04:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |