KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 34/I TERATAI

JUNIYATI, EKA KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 34/I TERATAI. JURNAL KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 34/I TERATAI.

[img] Text
ARTIKEL EKA J.pdf

Download (262kB)

Abstract

KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 34/I TERATAI Diajukan Oleh: EKA JUNIAYATI A1D111230 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Juniyati, Eka. 2017 Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Kelas IV SD Negeri 34/I Teratai: Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd, (II) Drs. Arsil, M.Pd Kata kunci: kreativitas guru, pembelajaran tematik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kreativitas guru dalam pembelajaran tematik pada Kurikulum 2013 di kelas IV SD Negeri 34/I Teratai. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada Oktober 2018. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran tematik pada Kurikulum 2013 di kelas IV SD Negeri 34/I Teratai dengan melibatkan sebanyak mungkin pertanyaan adalah dalam pembelajaran guru senantiasa memberikan rangsangan agar siswa aktif dalam pembelajaran, dengan memberikan tantangan terhadap siswa adalah guru memberikan tugas pada siswa untuk mengerjakan soal secara bergiliran di depan kelas, dengan menciptakan iklim belajar adalah guru selalu memunculkan interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa, guru tidak sekalipun mengucapkan kata-kata salah kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam melaksanakan pembelajaran baik itu menjawab pertanyaan, membaca buku pegangan, melakukan diskusi, atau pada saat belajar kelompok. Guru kerap memberikan penguatan pada siswa dalam melaksanakan pembelajaran, penguatan tersebut dilakukan guru melalui pengarahan maupun penugasan kepada siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat melibatkan interaksi siswa dalam pembelajaran secara lebih maksimal, dan lebih mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang tersedia di sekolah sebagai pendukung pelaksanaan gagasan-gagasan guru dalam pembelajaran tematik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EKA JUNIYATI
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:56
Last Modified: 09 Jul 2018 04:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4736

Actions (login required)

View Item View Item