STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER

Larozza, Zilvad (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
SKRIPSI ZILVAD LAROZZA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (381kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB)

Abstract

Larozza, Zilvad. 2023. Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan (Bullying) Melalui Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 182/I Hutan Lindung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Perundungan (Bullying), Pendidikan Karakter Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi perilaku perundungan (bullying) melalui pendidikan karakter pada siswa kelas tinggi SDN 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi (sebagai data penunjang) yang bersumber dari guru kelas IV, guru kelas VI, siswa kelas IV, siswa kelas VI dan kepala sekolah. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perundungan (bullying) dalam bentuk fisik dan verbal pada siswa kelas IV dan perundungan fisik, verbal serta sosial atau mental pada siswa kelas VI SDN 182/I Hutan Lindung. Sekolah telah melaksanakan pendidikan karakter pada siswa kelas tinggi khususnya kelas IV dan VI dengan pendekatan berbasis kelas dan budaya sekolah. Strategi guru dalam mengatasi perilaku perundungan (bullying) melalui pendidikan karakter pada siswa kelas tinggi ialah dengan menegur, memberikan nasehat, peringatan, meminta siswa membuat perjanjian, memberikan hukuman yang mendidik hingga memanggil orang tua siswa, memberikan nasehat saat upacara bendera dan kegiatan lain di sekolah, membiasakan membaca doa sebelum dan sesudah belajar, mengucapkan salam kepada guru yang mengajar, memberikan nasehat mengenai perilaku, perkataan dan pakaian sebelum atau ketika belajar, mengaitkan materi yang dipelajari dengan nilai-nilai karakter, serta menjadi contoh teladan bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa strategi guru dalam mengatasi perilaku perundungan (bullying) melalui pendidikan karakter pada siswa kelas tinggi telah terlaksana dengan baik, guru diharapkan dapat menjadikan siswa berperilaku baik, terjauhi dari perundungan (bullying) serta menerapkan nilai-nilai karakter baik di kehidupan sehari-hari. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat bagi penelitian selanjutnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Larozza
Date Deposited: 03 May 2023 04:57
Last Modified: 03 May 2023 04:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47527

Actions (login required)

View Item View Item