Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Baru Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 13/1 Muara Bulian

Rahmah, Saidatul (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Baru Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 13/1 Muara Bulian. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Baru Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 13/1 Muara Bulian.

[img] Text
ARTIKEL_SAIDATULRAHMAH_A1D114030.docx

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmah, Saidatul. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Baru Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 13/1 Muara Bulian. Skripsi Progran Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I, Drs. Maryono, M. Pd Pembimbing II Silvina Noviyanti, S. Pd, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Sinektik, Puisi, Keterampilan Menulis. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataannya bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi dalam hal menemukan ide, mengembangkan ide, tidak terbiasa menuangkan gagasan, perasaan, pemikiran dan imajinasi kedalam bentuk puisi karena keterbatasan kosa kata. Rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi disebabkan kurang efektifnya pembelajaran yang diciptakan guru. Masalah-masalah yang peneliti temukan ini dapat dikatakan bahwa kurangnya keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 13/1 Muara Buian. Kurangnya keterampilan menulis puisi siswa disebabkan oleh adanya faktor internal diantaranya yang termasuk faktor internal kurangnya kemampuan menulis puisi, Selain itu faktor eksternalnya yaitu kurangnya pemanfaat media, metode, model dalam pembelajaran menulis puisi, membelajaran kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap keterampilan menulis puisi baru siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13/1 Muara Bulian. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Penentuan sampel penelitian dilakukan secara acak. Berdasarkan teknik tersebut didapatkan kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan VD sebagai kelompok kontrol. Tes berupa pretest dan posttest. Soal dalam penelitian ini berupa tes soal menulis puisi. Pengujian hasil penelitian ini dengan program SPSS 16. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis uji-t sampel bebas posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t -4,125 dengan df 62 dan P sebesar 0,000 (P<0,05). Hasil analisis uji-t sampel berhubungan pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t -6,102 dengan df 31 dan P sebesar 0,000 (P<0,05). Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran sinektik dengan kelompok yang tanpa menggunakan model pembelajaran sinektik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Sinektik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 13/1 Muara Bulian

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SAIDATUL RAHMAH
Date Deposited: 10 Jul 2018 07:11
Last Modified: 10 Jul 2018 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4758

Actions (login required)

View Item View Item