Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMP

Rosady, Ahmad Ivan and Kamid, Kamid and Winarni, Sri Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMP. repository unja. (Submitted)

[img] Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (631kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan metakognisi siswa SMP kelas IX F pada materi kekongruenan dan kesebangunan, dan untuk mengetahui kualitas multimedia yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dikembangkan menggunakan model ADDIE. Tahap pertama yang dilakukan adalah analysis (analisis), kemudian design (perancangan) yaitu merancang produk yang akan dikembangkan, dilanjutkan dengan develop (pengembangan) yang bertujuan untuk menghasilkan dan memvalidasi multimedia. Setelah itu implement (implementasi) adalah tahap penerapan produk yang dikembangkan ke lingkungan belajar dan terakhir evaluate (evaluasi) yaitu mengevaluasi semua tahap-tahap yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Jambi pada Februari 2018. Data penelitian diperoleh berdasarkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas multimedia menurut pendapat Nieveen yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. kevalidan diukur berdasarkan penilaian angket validasi materi dan desain, kepraktisan diukur berdasarkan angket penilaian guru dan siswa, sedangkan keefektifan ditentukan berdasarkan tes hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan berdasarkarkan penilaian angket validasi materi dan desain multimedia dengan masing-masing persentase adalah sebesar 97,3% (sangat valid) dan 96% (sangat valid), kepraktisan berdasarkan angket penilaian guru dan siswa dengan persentase sebesar 82,22% (praktis) dan 81,9% (praktis) dan tes hasil belajar menunjukkan bahwa metakognisi meningkat sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas multimedia pembelajaran geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan metakognisi siswa adalah baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHMAD IVAN ROSADY
Date Deposited: 11 Jul 2018 01:17
Last Modified: 11 Jul 2018 01:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4767

Actions (login required)

View Item View Item