eka sari, Lingga Penerapan Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III SD Negeri 198/I Pasar Baru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti.
![]() |
Text
SKRIPSI_LINGGA EKA SARI_A1D119110.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Lingga Eka. 2023. Penerapan Pembelajaran STEAM Untuk MeningkatkanMinat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III SD Negeri 198/I Pasar Baru: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D., (2) Risdalina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: STEAM, Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, (2) mendeskripsikan penerapan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 198/I Pasar Baru pada bulan Januari-Februari 2023. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi kemampuan berpikir kritis dan angket minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, wawancara guru kelas, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran STEAM dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari analisis data setiap siklus. Pada siklus I, minat belajar peserta didik sebesar 78,03%. Siklus II sebesar 80,30%. Sedangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik siklus I pertemuan I sebesar 57,81%. Siklus I pertemuan II sebesar 61,27%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 76,54% dan pertemuan II sebesar 83,27%. Dari hasil penelitian ini hendaknya guru dapat menggunakan STEAM dalam proses pembelajaran agar dapat mewujudkan keterampilan yang diperlukan diabad 21, guru dapat mempersiapkan perangkat pembelajaran yang tentunya memuat tahapan-tahapan dan aspek STEAM, guru pelu menentukan materi pembelajaran yang dapat diterapkan dengan pendekatan STEAM karena mendukung peserta didik untuk mampu menyelesaikan proyek, serta guru harus dapat menumbuhkan motivasi, ide, dan kreativitas peserta didik karena penerapan pembelajaran STEAM ini menuntut peserta didik untuk berinovasi sesuai dengan ide yang dimunculkan sehingga dapat menyelesaikan proyek.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 04 May 2023 02:30 |
Last Modified: | 04 May 2023 02:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |